Warta

LFNU Akan Adakan Pelatihan Rukyat Hilal

Kamis, 16 November 2006 | 00:50 WIB

Jakarta, NU Online
Ketua Umum Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) KH Ghozalie Masroeri mengungkapkan, pihaknya dalam waktu dekat akan segera mengadakan pelatihan rukyat hilal di sejumlah wilayah di Jawa.

"Dalam waktu dekat kami (LFNU) akan segera mengadakan pelatihan rukyat hilal di sejumlah daerah di Jawa," ungkapnya kepada NU Online di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta, Rabu (15/11).

<>Kiai Ghozalie menambahkan, dalam pelatihan yang rencananya akan dimulai bulan Desember di Masjid Agung Semarang itu, pihaknya telah mempersiapkan sarana dan prasarana yang mendukung, seperti pengadaan teknologi komputer dan jaringan internet.

"Kita berharap dengan adanya (teknologi) komputer dan jaringan internet tersebut, kita bisa melihat bulan melalui layar monitor," terang kiai Ghozali.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga meminta tim perumus dari LFNU dan pihak-pihak lain yang terkait untuk mempersiapkan materi-materi yang akan digunakan selama pelatihan nanti.

"Harus ada materi tentang sistem pelaporan di lokasi rukyat. Karena itu, mereka (tim perukyat) harus didukung dengan sarana atau perlengkapan yang memadai," terang kiai Ghozali.

Seperti diberitakan NU Online, para perukyat nanti akan dibekali dengan kemampuan ilmu hisab dan rukyah yang telah disepakati pemakainnya oleh organisasi NU, mekanisme lapangan dan pemakaian alat rukyat, serta kemampuan di bidang astronomi.

Ke depan, hanya para perukyat yang bersertifikat lulus diklat falakiyah LFNU yang boleh tergabung dalam tim rukyat, atau minimal tim perukyat harus didampingi oleh perukyat yang telah bersertifikat. (dar)

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Terkait