Warta

LFNU Gelar Silatnas Ahli Hisab dan Rukyah

Rabu, 5 September 2007 | 07:02 WIB

Jakarta, NU Online
Ramadhan datang, lagi, persoalan hisab dan rukyah dalam penentuan awal Ramadhan dan Idul Fitri kembali mengemuka. Untuk mengatasi persoalan ini Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) akan menyelenggarakan Silaturrahim Nasional Ahli Rukyat dan Ahli Hisab NU.

Ketua LFNU Ghozalie Masroeri menjelaskan bahwa dengan tema Sosialisasi Formula Rukyat Berkualitas dan Solusi atas Perbedaan Hisab Menuju Satu Hari Raya diharapkan dapat menciptakan kesamaan sikap untuk mewujudkan rukyat yang berkualitas dengan dukungan hisab yang tinggi akurasinya.

<>

Silaturrahmi ini akan digelar pada hari Kamis-Sabtu, 6-8 September 2007 bertempat di Ponpes Al Hikmah Benda Bumiayu Brebes Jawa Tengah. Mereka yang akan hadir berkisar 150 orang, terdiri dari alumni Diklatnas Pelaksana Rukyat NU tahun 2006 di Semarang dan ahli hisab dan rukyah lainnya.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Menteri Agama RI Maftuh Basyuni dan Menkominfo Prof. Dr. Nuh DEa direncanakan akan membuka kegiatan ini dan sejumlah pengurus PBNU akan hadir seperti KH Sahal Mahfudz, KH Hasyim Muzadi, KH Ma’ruf Amin dan Prof. Dr. Nasarudin Umar.

Beberapa materi yang dibahas diantaranya adalah Kebijakan Pemerintah tentang Penentuan Awal Bulan Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah, Beberapa Metode dan Hisab Penyerasian, Kebijakan PBNU Tentang Penentuan Awal Bulan, Sistem Pelaporan Rukyah, Peran Hakim Agama dalam Proses Penerimaan Rukyah, Itsbat Perspektif Fikih Siyasah dan Ikhbar Perspektif Fikih dan Tertib Organisasi. (mkf)


Terkait