Warta

LFNU Sampaikan Mekanisme Penentuan Awal Syawal 1430 H, Hari ini

Selasa, 15 September 2009 | 00:08 WIB

Jakarta, NU Online
Ketua Pengurus Pusat Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) KH Ghazalie Masroeri akan menyampikan pengajian khusus di ruang redaksi NU Online, Jakarta, Selasa (15/9) sore ini, terkait mekanisme penentuan awal bulan Qamariyah, khususnya untuk penentuan awal Syawal 1430 H.

Pengajian ini juga akan disiarkan langsung dengan fasilitas telekonferensi Yahoo Messeger di akun pbnu_online@yahoo.com pada pukul 16.00-17.30 WIB.<>

Menurut Direktur NU Online, Abdul Mun’im DZ, bulan suci Ramadhan 1430 H ini seperti tahun-tahun sebelumnya situs resmi PBNU NU Online (www.nu.or.id) kembali mengadakan pengajian online dan bisa diakses dimana pun dengan fasilitas yang sederhana.

Pengajian yang sudah berlangsung 3 tahun ini diikuti peserta tidak hanya di dalam negeri tetapi juga warga Indonesia atau Nahdliyin di luar negeri seperti Mesir, Lebanon, Arab Saudi dan negara Timur Tengah lain, serta di Taiwan, Jepang, Australia, Belanda, dan Amerika Serikat.

Menurut Mun’im, untuk memberikan pemahaman lebih lengkap tentang penentuan awal Syawal 1430 H NU Online mengundang secara khusus KH Ghazali Masroeri untuk menyampaikan materi mengenai ‘Mekanisme Penentuan Awal Bulan Qamariyah Perspektif NU’.

“Di NU sendiri, banyak yang kurang mengerti mengenai persoalan falakiyah. Minsalnya, banyak yang beranggapan NU tidak mengerti hisab, dan hanya rukyat saja. Maka persoalan hisab dan rukyat ini perlu dijelaskan lebih mendalam denganbahasa yang bisa difahami oleh orang awam,” katanya.

Hal lain yang perlu dijelaskan oleh LFNU adalah soal sidang itsbat dan sejauh mana wewenang pemerintah dalam menentukan awal bulan, serta kapan NU mengeluarkan ikhbar atau pemberitahuan awal bulan.

Ditambahkan, pengajian online kali ini juga diharapkan dapat memberikan informasi-informasi terkini terkait perkembangan ilmu falak yang mulai pesat di lingkungan NU, setelah beberapa waktu lalu disiplin ilmu ini sempat sepi peminat. (nam)


Terkait