Warta

Lomba Bacaan Barzanji Meriahkan Kirab Resolusi Jihad

Selasa, 22 November 2011 | 01:32 WIB

Semarang, NU Online
Lomba pembacaan kitab Al-Barzanji digelar secara khusus untuk memeriahkan penyambutan kirab peringatan Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama yang kemarin datang di Semarang. 

Sebelum arak-arakan tiba, Pimpinan Pusat Fatayat NU bersama Pimpinan Wilayah Fatayat NU Jawa Tengah menggelar lomba tersebut di Lantai III Gedung PWNU Jateng, Jl. Dr. Cipto 180 Semarang. <>

Kompetisi pembacaan kisah hidup Rasulullah Muhammad SAW itu diikuti 9 tim mewakili eks karesidenan se-jawa Tengah yang disebut koordinasi daerah 9korda). Khusus  korda Semarang, selaku tuan rumah mengirim lebih dari satu tim. 

Mereka memperebutkan piala dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Abdul Muhaimin Iskandar yang juga ketua panitia Kirab Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama. 

Dewan juri terdiri atas pembina PW Fatayat NU Jateng Hj Haritsah (anggota Komisi E DPRD Jateng), Nyai Hj Azizah dari Ponpes Al-Maghfur Mranggen, serta Nyai Hj. Maslahah dari MUI Kota Semarang. 

Terpilih sebagai juara I, tim dari Korda Banyumas, yaitu dari PC Fatayat NU Kabupaten Cilacap. Juara II tim PC Fatayat NU Kabupaten Pemalang, dan juara III diraih tim PC Fatayat NU Kabupaten Semarang. 

Selain itu, juara Harapan I, II dan III adalah tim PC Fatayat NU Lasem, PC Fatayat  NU Kendal, dan PC Fatayat NU Kabupaten Pekalongan.   

Ketua PW Fatayat NU Jateng Khizanatur Rohmah sekaligus mewakili PP Fatayat NU menyerahkan trofi dan piagam kepada para pemenang. Dia juga memberikan hadiah tambahan berupa laptop dari Ketua Komisi VIII DPR RI Abdul Kadir Karding kepada juara I. 

Dalam sambutannya Khizana menyatakan, lomba pembacaan kitab Al-Barzanji tak semata untuk menyambut kirab resolusi jihad NU. Lebih dari itu, untuk menebalkan rasa cinta kepada Kanjeng Nabi Muhammad dan nguri-uri tradisi Islam yang diwariskan para ulama.

“Kegiatan ini tidak semata menyambut kirab resolusi jihad NU. Selain memang telah menjadi program PP Fatayat maupun PW Fatayat NU Jateng, ini adalah kegiatan untuk menebalkan rasa cinta kepada Kanjeng Nabi Muhammad, junjungan kita. Mari terus melestarikan ajaran Islam ahlussunah wal jama’ah,” sambutnya di hadapan peserta dan para tamu undangan. 

Dalam acara pembukaannya, Wakil Ketua PWNU Jateng Munir juga memberikan sambutan atas nama PWNU Jateng. 



Redaktur     : Syaifullah Amin
Kontributor : Muhammad Ichwan


Terkait