Warta

Mengaji Melalui Internet di Masjid Al-Akbar

Selasa, 9 Agustus 2011 | 13:20 WIB

Surabaya, NU Online
Areal teras Masjid Al Akbar di kawasan Pagesangan, Kota Surabaya, dalam sepekan awal Ramadhan 1432 Hijriah tampak lebih ramai dibanding hari biasanya. Puluhan umat Muslim dari berbagai kalangan berkumpul di teras masjid untuk mengikuti kegiatan mengaji, sekaligus mengisi waktu menunggu berbuka puasa.

Namun, acara mengaji kali ini berbeda dari yang ada di masjid-masjid lain, karena dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas akses internet. Peserta tidak perlu harus membuka kitab suci Al-Qur'an atau buku agama, tapi cukup menggunakan laptop atau perangkat telepon pintar (smartphone) maupun gadget lainnya yang punya fasilitas internetan.<>

Program ngaji internet telah menjadi agenda rutin Masjid Al-Akbar Surabaya sejak dua tahun terakhir, khususnya di bulan Ramadhan. Kegiatan dilaksanakan setiap hari pada pukul 13.00-15.00 WIB dengan mendatangkan sejumlah ustadz sebagai pengasuh, salah satunya Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim KH Abdussomad Bukhori.

Dalam mengaji internet, pengelola Masjid Al Akbar bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) selaku penyedia jaringan internet, plus 20 unit laptop pendukung.

"Peminat program mengaji internet cukup banyak dan berasal dari berbagai kalangan. Dari pengalaman tahun lalu, kami kemudian menggelar lagi tahun ini," kata Direktur Masjid Al Akbar, Endro Siswantoro

Menurutnya, berbagai topik aktual tentang keislaman bisa dibahas dalam kegiatan mengaji internet tersebut. Peserta tinggal membuka laman tertentu untuk menanyakan masalah itu kepada pengasuh pengajian.

 

Redaktur : Syaifullah Amin

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Terkait