Warta

PBNU: Pembuatan Film Mbah Hasyim Asy’ari Harus Hati-Hati

Selasa, 2 November 2010 | 10:27 WIB

Jakarta, NU Online
Terkait dengan rencana mengangkat sosok KH Hasyim Asy’ari ke layar lebar, PBNU menyatakan bahwa hal itu perlu untuk ditinjau kembali. Karena sosok Mbah Hasyim sangat erat kaitannya dengan Nahdlatul Ulama dan harus melalui proses yang tidak sederhana.

“Kepada pihak-pihak yang sudah berinisiatif membuat film KH Hasyim Asy’ari diharap untuk tidak mengambil langkah sendiri. Keinginan untuk mengangkat sejarah Mbah Hasyim merupakan keinginan dan dambaan seluruh warga NU. Dan untuk itu PBNU akan melakukan rapat dan musyawarah dengan pihak keluarga untuk mewujudkan keinginan itu,” tegas Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj kepada NU Online di Jakarta (2/11).<>

KH Hasyim Asy’ari sangat melekat erat dan tidak bisa dilepaskan dari NU. Sosoknya sebagai Rais Akbar NU dan Pahlawan Nasional memang layak diapresiasi. Namun untuk mewujudkannya dalam sebuah karya layar lebar tentu tidak mudah. “Karena banyak pihak yang terkait dengan Mbah Hasyim, tentunya harus didalami dan diproses dengan teliti dan seksama. Jadi tidak asal buat saja,” ujarnya.

PBNU menghargai niatan pihak yang ingin membuat film dengan mengangkat atau menokohkan KH Hasyim Asy’ari di dalamnya. Namun Kang Said menyatakan bahwa prosesnya harus dibicarakan terlebih dahulu dengan keluarga. “Demi menjaga keotentikan cerita atau perjalanan sejarah Mbah Hasyim, tentu harus berhati-hati,” pesan Kang Said. (bil)


Terkait