Warta

Pesan Gus Dur: Gus Sholah akan Pimpin NU

Selasa, 9 Februari 2010 | 02:00 WIB

Jombang, NU Online
Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tiga periode, almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pernah berpesan kepada Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) bahwa seorang ulama kharismatik dari Rembang Jawa Tengah akan memintanya untuk memimpin NU ke depan.

Demikian dinyatakan Gus Sholah kepada NU Online di Jombang, Senin malam (8/2). menurut Gus Sholah, pesan tersebut disampaikan dalam bahasa Jawa. "Persisnya, Hari Jumat tanggal 11 Desember 2009," tutur adik kandung Gus Dur ini.<>

Gus Sholah menjelaskan, meski Gus Dur telah berpesan demikian, namun tidak lantas dirinya tidak menemukan hambatan lagi. Kepada NU Online, Gus Sholah mengutarakan, ada banyak cabang yang siap mengusung dirinya untuk dicalonkan sebagai ketua umum PBNU dalam Muktamar ke-32 NU di Makassar, Sulawesi Selatan pada 22-27 Maret 2010 mendatang.

Lebih lanjut Gus Sholah Ia juga menjamin para santrinya di Pondok Pesantren Tebuireng tidak akan mempermasalahkan pencalonannya itu. "Tidak ada masalah dengan santri. Mereka sudah terbiasa kami tinggal pergi," kata cucu pendiri NU, Hadratussyeikh K.H. Hasyim Asy`ari ini.

"Bagi saya, yang terpenting adalah NU dapat berjuang agar NU menjadi kekuatan masyarakat sipil yang mampu mengupayakan cara agar warganya sejahtera dan kritis di hadapan pemerintah. Dengan demikian NU secara nyata telah membantu pemerintah dalam menjalankan tugas-tugasnya," tandas Gus Sholah. (min)


Terkait