Warta

Ratusan Sapi-Kambing untuk Pengungsi

Senin, 15 November 2010 | 13:00 WIB

Yogyakarta, NU Online
Panitia shalat Idul Adha 1431 H yang akan berlangsung pada Rabu (17/11) ini sudah menyiapkan ratusan sapi dan kambing bagi para pengungsi yang akan dilakukan di Posko pengungsian Merapi, stadion Maguwoharjo.

“Di posko pengungsian yang menampung hampir 30.300 orang itu akan melaksanakan Sholat Idul Adha sebanyak dua kali di tanggal yang berbeda untuk menghormati pemeluk agama Islam yang ingin sholat Idul Adha sesuai keyakinannya masing-masing,”kata Sutrisno Sekretaris panitia Idul Adha, Senin (15/11).

Sementa<>ra untuk hewan kurban yang akan disembelih di Stadion terbesar di
Yogyakarta itu akan ada sebanyak 33 Sapi dan 623 kambing. Menurut Sutrisno hewan-hewan kurban itu berasal dari beberapa sponsor dan kemungkinan masih akan bertambah lagi jumlahnya.

"Rencananya setelah sholat Id, akan dilakukan penyembelihan. Namun tidak semua akan disembelih, karena sebagian akan disembelih keesokan harinya,"ujarnya.

Acara Sholat Idul Adha sendiri akan mulai dipersiapkan sejak pukul 06.30 WIB. Sementara sholat Id baru akan dilaksanakan pukul 07.00 WIB di lahan parkir sebelah timur Stadion Maguwoharjo.

"Untuk hari pertama yang menjadi Imam Khotib adalah Bapak Suswanto selaku Dosen Fisipol UMY (Universityas Muhammadiyah Yogyakarta). Dan penyembelihan hewan kurban akan dibantu oleh para TNI. Kami juga mengundang warga sekitar Stadiun untuk makan bersama daging qurban bersama kami,"tutur Sutrisno.(amf/ant)


Terkait