Warta

Selama Ramadhan, Mbah Muchit Istirahat

Kamis, 18 Agustus 2011 | 06:23 WIB

Jember, NU Online
Mustasyar PBNU, KH Muchit Muzadi, memanfaatkan bulan Ramadhan untuk “istirahat” dari kegiatan rutinnya di Malang. Selama sebulan penuh, Mbah Muchit –sapaan akrabnya— mengaku ingian menikmati bulan Ramadhan di Jember.

Selain untuk istirahat, ia ingin menjaga kesehatnanya, apalagi sekitar sebulan lalu ia baru kelaur dari rumah sakit. “Saya di Jember sampai lebaran,” ujar Mbah Muchit sambil terbaring di rumahnya Jl. Kalimantan, Jember kepada NU Online, kemarin (17/8).
<>
Seperti diketahui, meski sudah berusia senja, namun Mbah Muchit nyaris tak pernah absen dari kegiatan, baik memenuhi undangan ceramah atau sekedar menghadiri acara. Yang rutin, setiap Kamis Mbah Muchit mengajar kitab “Taqrib” di Malang, sehingga ia harus bolak-balik Jember-Malang. “Terkadang saya libur ngajar di Malang,” ucapnya.

Mbah Muchit mengaku senang  mengajar karena selain menambah sekaligus membagikan ilmu, juga menjadi sarana pengkaderan bagi generasi NU. Kendati demikian, tidak sembarang kitab mau dijarkan oleh Mbah Muchit. Ia hanya bersedia mengajar kitab yang ia sendiri pernah mengaji kepada gurunya, KH. Hasyim Asy’ari.

Dikatakannya, Kiai Hasyim Asy’ari mengaji kitab Taqrib dari gurunya, yang secara vertikal akhirnya sampai kepada pengarangnya. “Sehingga sanad gurunya jelas dan nyambung sampai kepada Kiai Hasyim, dan sampai kepada saya. Kiai Hasyim itu selalu mengajarkan Taqrib kepada santri-santrinya. Tamat diulang, tamat diulang lagi, begitu seterusnya,” terangnya.

Habis puasa, tepatnya tanggal 31 Agustus, Mbah Muchit berangkat ke Tuban, tanah kelahirannya. Di sana, ia akan menghadiri Forum Silaturrahim Keluarga Besar Muzadi. Menurut Mbah Muchit, pertemuan forum tersebut hanya digelar tiga tahun sekali. Jumlah kerabat anggotanya mencapai 400-an orang, termasuk yang dari luar pulau Jawa. “Karena saya yang tertua, maka saya dijadikan kepala suku,” tukasnya seraya tersenyum

Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Aryudi A Razaq


Terkait