Warta

Ulama Besar Makkah Hadiri Harlah Nahdlatul Wathan di Lombok

Ahad, 21 Agustus 2005 | 13:49 WIB

Mataram, NU Online
Dua ulama besar dari Makkah, Arab Saudi datang ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (Harlah) Akbar ke-70 Nahdlatul Wathan (NW) di Anjani, Lombok Timur.

Kedua ulama besar Makkah tersebut, yakni Syaekh Madjid Said Rahmatullah dan Syaekh Abdul Hafiz. NW yang merupakan organisasi Islam terbesar di NTB Hultahnya di rayakan Ahad, dipusatkan didua tempat, yaitu Anjanai dan Pancor, Selong Lombok Timur.

<>

Ketua Panitia Hultah TGH  Zainul Mukhlis mengatakan, kedua ulama besar itu  juga pernah datang pada Hultah ke-67 dan ke-68.

Kehadiran kedua ulama tersebut  tidak terlepas dari kebesaran nama pendiri pondok pesantren NW almarhum TKGH M Zainuddin Abdul Madjid. Selain itu, karena keberadaan Taun Guru Bajang lalu Gde Muhamad  Zainuddin Tsani yang kini sedang menuntut ilmu  Madrasah Sholatiyah Makkah.

Hultah NW baik di Anjani maupun Pancor dihadiri lebih dari 100 ribu jemaah NW termasuk para santri yang datang dari berbagai daerah seperti Kalimantan, Sulawasi, Jakarta, dan NTT.

Khusus untuk jemaah yang ada di Pulau Lombok mereka datang ke Anjani dan Pancor secara berkelompok bahkan banyak yang menginap di medan Hultah. Hultah Akbar ke-70 NW dinilai sukses karena hampir seluruh kegiatan hingga acara puncak semuanya berjalan lancar, aman dan tertib.

"Berbagai kegiatan tersebut antara lain pawai yang diikuti ribua santri dan masyarakat, lomba kebersihan, pertandingan olahraga dan Musabaqah Al Quran," katanya.(ant/mkf)


Terkait