Daerah

Adam B, Terpilih Secara Aklamasi

Kamis, 7 Februari 2013 | 16:09 WIB

Lumajang, NU Online
Adam B akhirnya menjadi ketua PC GP Ansor Kabupaten Lumajang, masa bhakti 2013-2017. Mantan pengurus Ansor Bali itu menjadi ketua setelah berhasil meraih suara terbanyak dalam Konfercab Ansor Kabupaten Lumajang, (6/2).
<>
Adam sebelumnya aktif menjadi pengurus Ansor di pulau Dewata, saat ia berkerja di sana. Namun beberapa tahun ini ia kembali ke Lumajang dan aktif di Sarbumsi yakni organisasi buruh, banom dari NU. Karena aktifitasnya itu maka saat Konfercab Ansor ia diajukan menjadi kandidat ketua dan terpilih.

Dalam pemilihan yang berlangsung di Kantor PCNU Kabupaten Lumajang ini, Adam B meraih dukungan 88 suara dari 149 suara sah yang diperebutkan. Sementara pesaingnya Farid Wardi pesaingnya mendapat dukungan 59 suara. Dan satu suara diraih oleh Choiruman dan satu suara abstain.

Jalannya pemilihan yang dipimpin oleh Kasatkorwil Banser Jatim, H Imam Kusnin Ahmad dengan didampingi H Budi Mulyo Al-Hafidz, berjalan lancar karena hanya berlangsung satu putaran. Karena begitu Adam memperoleh dukungan 88 suara dan Farid mendapat 59 suara, peserta setuju Adam menang secara aklamsi. Dan Farid mengaku legowo.

Padahal sesuai dengan tata tertib pemilihan, bila dalam ragap pencalonan, calon ketua mendapat dukungan lebih dari 44 suara, maka berhak maju menjadi calon. Namun meski Farid mendapat dukungan lebih dari ketetapan itu, ia Legowo, tidak maju. Maka Adam dinyatakan menang secara aklamasi.

Selain memilih ketua yang baru dengan terpilihnya Adam B. Konfercab yang berlangsung di Kantor PCNU itu juga memilih tim formatur.

Saat itu, yang disepakati menjadi anggota tim Formatur adalah Adam B, Imam Makruf sebagai mantan ketua carteker, Sapari, M. Nur, Imron, H Amin dan M. Halim. Tim sekat 15 hari setelah pemilihan, susunan pengurus harus sudah jadi dan siap dimintakan SK ke PP FP Ansor setelah lebih dulu dimintakan rekomendasi ke PW Ansor Jatim.

Imam Makruf, ketua Carteker PC Ansor Lumajang, mengatakan bahwa PC Lumajang memiliki 21 PAC Ansor dan 132 Ranting Ansor. Namun yang bisa hadir dalam pemilihan yang berlangsung pada siang hari itu hanya 20 PAC dan 129 ranting. 

“Ini sudah luar bisa. Mengingat kondisi Lumajang yang kayak begini. Yang penting lebih dari Korum, karena diikuti lebih dari 2/3 ranting dan pac," ungkap Makruf.
 Ikut Hadir pada acara itu, Ketua PW GP Ansor Jatim, H Alfa Isanaini, Ketua Carteker H Imam Makruf, Wakil Ketua PW Ansor Endro dan Ketua PCNU Kabupaten Lumajang, H Syamsul. 

“Kami sangat bangga Ansor sudah memiliki ketua. Setelah ini semua komponen Ansot dan Banser harus segera bergerak mengisi ketertinggalan yang ada setelah fakum hampir setahun," ungkap Ketua NU, H Syamsul.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua PW GP Ansor Jatim, Alfa Isnaini. Menurutnya Ansor Lumajang, selama ini menjadi baro meter kegiatan diwilayah tapal kuda. Namun belakanga aktifitasnya merosot tajam. Lantaran, ada masalah kepengurusan. Setelah terpilihnya ketua baru ini, ia berharap Ansor Lumajang segera berbenah. 

Redaktur: Hamzah Sahal


Terkait