Daerah

Bangun Madrasah Diniyah dengan PNPM Mandiri

Sabtu, 12 Mei 2012 | 12:19 WIB

Jepara, NU Online
Tahun ini Desa Karangaji kecamatan Kedung mendapatkan bantuan dana dari PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri Perdesaan sebesar Rp 106 juta. Dana tersebut dialokasikan untuk pembangunan gedung Madrasah Diniyah (Madin) sejumlah tiga lokal.<>
 
Sebelumnya sudah ada bangunan namun karena kondisinya sudah tua maka bangunan  tersebut direhab total. Selain dari dana PNPM, masyarakat juga berswadaya sebesar Rp 50 juta sehingga total anggaran menjadi Rp 156 juta.
 
”Masyarakat memang sejak awal sudah mempunyai niat untuk merehab bangunan Madin ini, selain kondisinya sudah tua bangunannya juga sangat dibutuhkan masyarakat dalam rangka pembelajaran agama untuk anak-anak jika sore hari,” kata Mufaiduddin, Petinggi desa Karanagaji.
 
Faid mengatakan, dibangunnya gedung Madin tersebut berawal dari adanya koordinasi pihak Yayasan ”Ki Aji Tunggal” yang menaungi Madin dengan desa setelah adanya informasi mendapatkan dana  PNPM. Selain itu lewat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) bahwa pembangunan gedung madrasah terus terus mencuat karena kondisinya yang cukup memprihatinkan. Oleh karena itu diputuskanlah Madin tersebut dibangun dengan dana PNPM dengan tambahan swadaya masyarakat dan Yayasan.
 
”Rencananya untuk tahap awal dibangun tiga ruangan kelas. Gedung lama diratakan dulu kemudian dibuat pondasi awal selanjutnya baru dibangun ruangan kelas. Harapan ke depan di tempat ini akan dibangun lagi tiga lokal,” tambahnya. 



Redaktur       : Syaifullah Amin
Kontributor  : Syaiful Mustaqim


Terkait