Banyak Keluhan, GP Ansor Harap PLN Perbaiki Layanan Pelangggan
Selasa, 31 Agustus 2021 | 23:00 WIB
Keberadaan PLN sangat vital untuk memenuhi kebutuhan listrik, sebab PLN satu-satunya perusahaan listrik di Indonesia. Namun masyarakat mengeluhkan karena selaam pandemi Covid-19 sering terjadi pemadaman mendadak. (Foto: pln.go.id)
Jakarta, NU Online
Masih banyaknya keluhan pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN) di berbagai daerah menyangkut pelayanan selama pandemi Covid-19 disuarakan GP Ansor DKI Jakarta dalam Webinar Pelayanan Publik PLN pada Selasa (31/8/2021).
"PLN harus cepat menangani keluhan pelanggan yang ada, karena PLN adalah satu-satunya perusahaan penyedia listrik di Indonesia," ujar Ketua PW GP Ansor DKI Jakarta Saiful Rahmat Dasuki dalam sambutannya.
Ia mengatakan GP Ansor berharap PLN menggunakan teknologi informasi agar mampu optimal melayani keluhan pelanggan yang beraneka ragam tersebut.
Senada dengan GP Ansor, Khotim dari Ombudsman mencatat bahwa selama pandemi, banyak masyarakat menyampaikan keluhan kepada PLN seperti ketidakakuratan pencatatan tagihan listrik, pemadaman tanpa pemberitahuan, dan keluhan lainnya.
Merespons pernyataan GP Ansor tersebut, PLN mengungkapkan sudah melakukan terobosan untuk melayani keluhan pelanggan yaitu berupa New PLN Mobile, yakni layanan melalui aplikasi ponsel.
"New PLN Mobile telah diluncurkan pada Desenber 2020 dan telah di-download oleh 10,5 juta pelanggan," papar Tohari perwakilan PLN yang hadir dalam webinar tersebut.
PLN juga memaparkan sejumlah program stimulus untuk masyarakat agar mampu memulihkan perekonomiannya yang terpuruk karena pandemi.
Webinar juga dihadiri sejumlah narasumber seperti Ketua PBNU H Eman Suryaman, Deputi 4 Kantor Staf Presiden Juri Ardiantoro, General Manager PLN Jakarta Raya Doddy Pangaribuan.
Editor: Kendi Setiawan