Daerah

Blitar Sosialisasikan Kartanu

Jumat, 8 Februari 2013 | 15:11 WIB

Blitar, NU Online
Seluruh badan otonom NU Kabupaten Blitar, saat ini tengah berupaya untuk ikut mensukseskan program Kartu Tanda Anggota Nahdlatul Ulama (Kartanu). 
<>
Upaya tersebut akan diwujudkan dengan cara turut memberikan dukungan dan berpartisipasi penuh terhadap pelaksanaan program Kartanu. 

“Ini sudah menjadi kewajiban kita selaku keluarga besar NU untuk menyukseskan Kartanu," ujar Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Blitar, Hj. Masluchi kepada NU Online tadi pagi.

Menurutnya, program Kartanu ini merupakan program NU yang diselenggarakan dengan tujuan untuk sensus warga NU. “Kalau program Kartanu sukses berarti kita turut mendukung Pengurus Besar NU dalam upaya menata ulang keanggotaan NU yang tersebar di seluruh pelosok tanah air," ujar Masluchi.

Apa yang telah dicanangkan PBNU dalam upaya mendata ulang warga Nahdliyin wajib didukung semua kompunen NU, termasuk Muslimat NU. “Ini jelas menjadi kewajiban semua banom NU untuk menyukseskan program ini,’’ katanya. 

“Kita akan terus melakukan sosialisasi hingga ke ranting-ranting. Agar program ini bias sukses," tandasnya.

Hal yang sama juga ditegaskan oleh Ketua PC GP Ansor Kabupaten Blitar, H Lutfi Azis. Menurutnya, guna menyukseskan program Kartanu ini segenap pengurus  Ansor  di semua tingkatan akan rutin melakukan sosialisasi kepada segenap warga Nahdliyin. Bahkan, Ansor akan  selalu mengambil inisiatif untuk memulai pemotretan untuk memberikan contoh dan motivasi kepada warga Nahdliyin yang lain. 

“Kita akan sosialisasi sampai ditingkat bawah," tandas Lutfi. Dukungan serupa juga diungkapkan oleh pengurusPNU, IPPNU, Fatayat NU dan ISNU. 

“Manfaat Kartanu ini sekarang banyak sekali, mulai dari untuk mengetahui jumlah keanggotaan NU di masing-masing tingkatan NU. Kartanu sangat penting untuk dimiliki oleh warga Nahdliyin sebagai bukti resmi warga NU. Apalagi Kartanu merupakan bentuk legalitas dan apresiasi kita kepada NU,” ungkap Royanah Ketua PC Fatayat NU.

Menurutnya, pendataan melalui Kartanu ini memiliki arti yang sangat penting untuk penguatan organisasi dan warga NU. 

“Sudah waktunya seluruh anggota Nu memiliki kartu anggota. Dengan demikia kita tahu data bace kekuatan NU yang sebenarnya berapa. Tidak asal klaim seperti selama ini. Untuk itu perlu mendapat dukungan program ini," Alfian Ketua PC IPNU Kabupaten Blitar. 

Redaktur    : Imam Kusnin
Kontributor : Hamzah Sahal


Terkait