Daerah

IPNU-IPPNU Kalijambe Gelar Gema Ramadhan

Sabtu, 18 Agustus 2012 | 10:08 WIB

Tegal, NU Online
Genyambut dan menghidupkan bulan suci ramadlan, IPNU – IPPNU ranting kalijambe menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk Gema Ramadlan IPNU – IPPNU Ranting Kalijambe Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. <>

Kegiatan ini diselenggarakan sepanjang bulan Ramadlan dengan menyelenggarakan berbagai macam kekegiatan antara lain Taraweh keliling seminggu sekali ke Masjid/musholla,  lomba-lomba islami untuk anak-anak dan peringatan nuzulul Qur’an.

“Kami ingin terjun langsung ke masyarakat, mengenal mereka sehingga mereka juga mengenal kami. Diharapkan setelah ini program kerja kami dapat lebih mudah diterima dan  mendapat dukungan dari masyarakat," kata Ketua IPNU Ranting kalijambe Nur Aji Triyono, Jum’at (17/8) kemarin.

Selain itu, kegiatan yang tak kalah meriah adalah lomba islami untuk anak-anak yang diselnggrakan pada hari ahad, tanggal 5 Agustus 2012 di area TPQ Muslimat NU Miftahul Ulum Kalijambe. mata lomba yang diselenggarakan adalah Cerdas cermat islami, Lomba hafalan do’a doa pendek, lomba adzan dan lomba praktek sholat shubuh. Peserta lomba ini adalah anak-anak yang berumur antara 5 – 12 tahun terutama yang duduk pada bangku TPQ Maupun Madrasah Diniyah. 

Koordinator Juri lomba ini, Haryono, mengatakan lomba lomba yang diselenggarakan mempunyai tujuan kaderisasi dan penanaman nilai-nilai ke-NU-an bagi anak-anak calon penerus IPNU-IPPNU. Diharapkan dengan penyelenggaraan lomba ini akan terinternalisasi nilai-nilai aswaja pada anak-anak sedini mungkin, selain juga untuk kaderisasi IPNU-IPPNU untk masa yang akan datang.


Sebagai kegiatan pamungkas dari Gema Ramadlan adalah penyelenggaraan peringatan Nuzulul Qur’an pada tanggal 5 Agustus 2012 bertepatan tanggal 17 Ramadlan 1433 H. dalam acara ini selain diisi dengan Pengajian umum di masjid Nurul Huda Kalijambe, juga diisi dengan pembagian piala bagi para pemenang lomba. 

Kepala Desa Kalijambe yang diwakili Kasi Kesra, Mufidin danur mengatakan, “ini adalah kesempatan IPNU-IPPNU untuk bangkit, tunjukkan kepada masyarakat bahwa IPNU-IPPNU Kalijambe itu ada dan akan terus berkarya. Sebab, hampir seluruh warga desa Kalijambe adalah warga NU, untuk itu penanaman nilai aswaja harus terus digalakkan,” katanya.

Kegiatan ini diakhiri dengan ceramah keagamaan yang diisi oleh Ust. Abdul Aziz dari Karangmangu Tegal. Walaupun masih tergolong muda, ustd ini bisa menghibur pengunjung tanpa menghilangkan makna dakwahnya. 


Redaktur       : Syaifullah Amin
Kontruibutor : Abdul Muiz 


Terkait