Daerah

Lomba Rebana Putri Meriahkan Gebyar Kartini

Sabtu, 21 April 2012 | 07:04 WIB

Kudus, NU Online
Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kecamatan Gebog,  mengadakan kegiatan Gebyar Festival Kartini di MI NU Nahdlotul Ulama’ Dukuh Muneng, Desa Gribik, Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Kegiatan yang bertema “Urgensi Perempuan dalam Beragama, Berbangsa, dan Bernegara´ini digelar berbagai lomba – lomba dan seminar, Jum’at (20/4/).<>

Adapun lomba-lomba yang digelar diantaranya lomba memasak, lomba baki lamaran, lomba pidato dan lomba rebana putri. Lomba-lomba tersebut dimulai dari pukul 07.00 hingga 15.30 dini hari. Diikuti kurang lebih 68 peserta dari PR dan PK IPNU-IPPNU se Kec. Gebog.

Di antara lomba-lomba yang digelar tersebut. Lomba rebana putrilah yang paling meriah, deru riuh para suporter saling memberi semangatPR dan PK mereka masing-masing. Dan lomba inipun, dari sekian lomba yang paling banyak menyedot perhatian penonton. Karena menurut mereka lomba ini tergolong lomba yang jarang ditemukan.

Menurut ketua panitia lomba rebana Chintiya Khumaira mengatakan, lomba rebana ini diadakan agar rasa percaya diri perempuan bisa tumbuh. “Lomba ini akan lebih menunjukkan bahwa bukan hanya laki-laki saja yang bisa namun perempuan juga bisa.” jelasnya.

Lomba inipun disambut baik oleh para peserta. Bahkan salah satu peserta dengan senyum semringah mengaku senang akan diselenggarakannya lomba tersebut.

"Adanya lomba ini kami bisa saling mengetahui kemampuan masing-masing Ranting dan Komisariat. Ini menunjukkan bahwa di Gebog juga ada rebana-reban perempuan yang tidak kalah hebatnya dibanding kecamatan lain.” ungkap Su’aidatul Khasanah.

Hingga akhir acara, lomba-lomba tersebut menghasilkan pemenang, diantarannya dari kategori lomba memasak secara berurutan juara satu sampai tiga diraih oleh PR IPPNU  Gribig, PR Besito, dan PK MTs NU Al-Hidayah. Kategori lomba baki lamaran, juara satu sampai tiga, dari PK SMK NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus, PR Getasrabi dan PK MTs NU Hasyim Asy’ari 2. 

Kategori lomba rebana putri diraih oleh PR Rahtawu, PR Getasrabi, dan PR Jurang.dari kategori pidato putra diraih oleh ranting Menawan, ranting Karangmalang, dan ranting Getasrabi. Kategori pidato putri diraih oleh Prastuti Muji P. Rosyida Khidmawati dan Malikhatul Isnaini. Dari hasil tersebut menobatkan PR. Getasrabi sebagai juara umum.



Redaktur      : Syaifullah Amin
Kontributor : Qomarul Adib/Noviana U.Z 


Terkait