Daerah

NU Blitar Terbitkan Buku Amaliyah Aswaja

Jumat, 11 Januari 2013 | 07:24 WIB

Blitar, NU Online
PCNU Kabupaten Blitar, terbitkan buku Amaliyah Yaumiyah Ahlussunah Waljamaah Annahdliyah. Buku setebal 174 halaman disusun dan disunting oleh para Kiai dan pengurus NU Kabupaten Blitar. 
<>
Untuk tahap awal, PCNU telah mencetak sekitar 2500  buku. Buku tersebut dibagikan kepada seluruh pengurus ranting NU dan MWC NU se Kabupaten Blitar.

“Buku ini sebagai pegangan pengurus NU dalam melaksanakan amaliyah sehari-hari," ujar KH Noer Hidayatulloh Dawami kepada NU Online, tadi pagi (11/1).

Menurutnya, isi buku tersebut merakum semua aturan dan tatacara amaliyah yang selama ini dilaksanakan oleh warga NU. Mulai dari masalah mensolati jenazah, ziarah kubur, Tahlil. Masalah salat jum’at. Puasa, Lebaran dan lain sebagainya. 

“Selama ini orang luar kan selalu mempersoalkan masalah-masalah khilafiyah tersebut. Ya.. rata-rata warga NU itu sudah tahu. Namun demikian perlu buku panduan," tandas Kiai Noer.

Penerbitan buku tersebut disambut luar biasa oleh para warga NU Kabupaten Blitar. Khususnya, yang selama ini berada ditingkat ranting dan anak ranting. 

“Selama ini amaliyah ini sudah dilaksanakan oleh warga dan anggota. Namun, kalau ada persoalan dari orang luar terkadang warga kita tidak tahu dasarnya. Dengan adanya buku panduan dan tuntunan ini sangat memudahkan sekali bagi anggota,’’ ujar Mohammad Makrus, asal ranting Bakung Udanawu.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Jarianto, salah seorang anggota NU dari Kedung Bunder, Sutojayan. Menurutnya, buku tersebut sangat bermanfaat sekali bagi warga NU. Karena,dengan begitu, warga NU tahu secara mendetail, dalil dan anjuran amaliyah yang selama ini dilaksanakan. 

“Ini sangat bagus untuk penguatan Ahlussunah wal Jamaah di tingkat bawah. Saya piker ini bisa jadi buku saku pertahanan keyakinan warga NU," tandasnya.

Kontributor: Imam Kusnin


Terkait