Daerah

Pesantren Annuqayah Gelar Perkemahan Dunia Penggalang

Sabtu, 19 Mei 2012 | 08:36 WIB

Sumenep, NU Online
Dalam rangka memperingati hari jadi yang pertama, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PRAMUKA Racana Siti Khadijah Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Gugus Depan 0762 Pondok Pesantren Annuqayah mengadakan lomba kemah. <>

Kegiatan yang bertajuk Perayaan Hari Jadi ke-I dan Perkemahan Dunia Penggalang se-Madura ini dilaksanakan Rabu - Jumat (15-17/05).

Upacara pembukaan dilaksanakan pada Rabu di halaman kampus baru Putri INSTIKA pukul 14.14 WIB, dan dihadiri Wakil rektor III Instika, Moh. Husnan A. Nafi'  yang juga bertindak sebagai Pembina upacara.

Dalam amanatnya, Moh. Husnan menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan UKM ini patut dibanggakan. Pasalnya, selain sebagai jalinan silaturrahim antarpemandu se-Madura, kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya menyiapkan pemuda yang dapat mengentaskan persoalan bangsa. Hal ini tercermin dalam Dasa Darma Pramuka.

Kurang lebih sepuluh kontingen yang ikut berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini, baik dari Annuqayah sendiri maupun dari luar Annuqayah. Delapan kontingen berasal dari kabupaten Sumenep, termasuk dari Annuqayah dan dua kontingen berasal dari kabupaten Pamekasan. Sementara satu peserta yang telah mendaftar yakni dari kabupaten Sampang tidak hadir.

Mengenai jumlah anggota, tiap-tiap kontingen wajib berjumlah sepuluh orang, tidak boleh lebih apalagi kurang. Demikian penuturan Shatitin Nashihah ketua panitia perkemahan.

Secara simbolis pembukaan ini dilambangkan dengan pelepasan beberapa ekor burung merpati dan balon sebagai simbol kebebasan yang diinginkan bersama.


Kemeriahan acara semakin terasa ketika pengurus PRAMUKA Cabang Sumenep turut hadir. Kegiatan ini juga diliput oleh media elektronik yaitu stasiun televisi Madura Channel.

Kekhidmatan acara terlihat tidak terganggu sama sekali walaupun ada beberapa orang peserta upacara yang pingsan lantaran tak kuat dengan terik matahari.

 

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Redaktur : Sudarto Murtaufiq
Kontributor : Hairul Anam-Nur Faizah


Terkait