Daerah

Rehab Gedung NU Sukoharjo Selesai 2013

Jumat, 11 Januari 2013 | 09:23 WIB

Sukoharjo, NU Online
Harapan warga NU Sukoharjo untuk memiliki gedung NU akan segera terwujud. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris PCNU Kab. Sukoharjo, Muh Lasimin. 
<>
Ia mengatakan bahwa pembangunan sudah dimulai pada tahun 2012 lalu. “Bangunannya sudah ada, tinggal merehab. Dan juga yang belum selesai terkait lahan tanah yang akan dibangun gedung, belum sepenuhnya milik kita,” ujarnya saat ditemui di sekretariat acara Sukoharjo Bershalawat Kamis malam (10/1).

Selama ini NU Sukoharjo, memang belum memiliki gedung kantor NU sendiri. Padahal PCNU di daerah Soloraya rata-rata sudah memiliki gedung NU, “Gedung NU ini penting untuk kita, sehingga setiap akan mengadakan acara rapat dan sebagainya, setidaknya kita bisa memanfaatkannya.”
 Ketua PCNU Sukoharjo, H.M. Naqib Sutarno, juga memberikan keterangan kepada NU Online terkait pembangunan gedung tersebut, “2013 selesai rehab gedung. 2014 target tingkat dua selesai. Syarat dananya mencukupi.” 

Sementara itu, saat ditanya terkait agenda yang akan dilakukan PCNU Sukoharjo, Lasimin kembali menjelaskan bahwa yang menjadi agenda terpenting saat ini, yakni bagaimana pengurus bisa memimpin kegiatan yang ada di tiap desa dan kampung. 

“Di kampung-kampung banyak masyarakat yang melaksanakan kegiatan yang sama dengan amalan NU. Tapi mereka tidak ada yang mengkoordinir, jadi masih lemah.” Jelas Lasimin.

“Kami juga ingin mengaktifkan kembali masjid-masjid agar bisa dihidupkan tahlilan, yasinan, maulidan di masjid tersebut.”

Ia mengungkapkan bahwa banyak masjid yang dulu jamaahnya mengamalkan kegiatan ala NU, sekarang sudah berganti pengurus, yang kemudian melarang kegiatan tersebut. Untuk itu NU Sukoharjo sekarang gencar mengajak kepada jamaah yang akan mewakafkan masjid agar diserahkan kepada NU.

Wacana lain, NU Sukoharjo berencana akan mengadakan haul KH. Hasyim Asy’ari, “biar ghirah warga terhadap NU juga semakin bertambah, Mas.”

Kontributor: Ajie Najmuddin


Terkait