Daerah

Wacana Pendirian Koperasi Ansor Solo Kian Mengerucut

Rabu, 6 Februari 2013 | 13:20 WIB

Solo, NU Online
Wacana pendirian koperasi atau BMT dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor Solo kian mengerucut. Saat ditemui NU Online pada acara Lailatul Ijtima’ yang diselenggarakan PCNU Solo di kantor PCNU Solo, Selasa (5/2) malam, Ketua Ansor Solo, Muhammad Anwar, menjelaskan bahwa tahapannya akan dimulai pada pembinaan calon pendiri koperasi.
<>
“Para calon pendiri, dalam waktu dekat ini akan mendapatkan pembinaan dari Dinas Koperasi UKM Pemkot Solo,” kata Anwar usai acara lailatul Ijtima’.

Rencanannya pada hari Jumat (8/2) besok akan diadakan rapat pembinaan tersebut. Sebanyak 25 orang calon pendiri akan diundang pada acara tersebut.

“Untuk tahap permulaan, kami hanya mengambil 25 orang dulu, agar bisa berkoordinasi lebih mudah,” terangnya.

Anwar melanjutkan, syarat untuk menjadi pendiri koperasi yang akan dinamai Koperasi Nusa Muda ini cukup mudah.

“Simpanan awal pokok minimal 2,5 Juta. Kalaupun anggota belum memiliki kami bisa meminjami untuk kemudian bisa diangsur selama sepeuluh kali. Kita akan memberikan kemudahan bagi para anggota yang benar-benar ingin aktif dalam pendirian koperasi ini.”

Inti dari pendirian koperasi ini,bertujuan untuk meningkatkan kemandirian Ansor dan anggotanya. Menurut Anwar, akan lebih bagus apabila Ansor atau NU solo memiliki badan usaha sendiri, yang dari keuntungannya dana bisa dimanfaatkan untu gerak organisasi.

Redaktur     : Hamzah Sahal
Kontributor : Ajie Najmuddin


Terkait