Nasional

60 Pelajar Terbaik Lolos Seleksi Sanlat SMPTN Ansor

Sabtu, 5 Mei 2012 | 06:39 WIB

Jombang, NU Online
Sebanyak 60 peserta terbaik dinyatakan lolos seleksi Pesantren kilat Sukses Masuk Perguruan Tinggi Negeri (Sanlat SMPTN) yang digelar PC GP Ansor Jombang. Merekab bakal menjalani “ nyantri (menjadi santri) selama 30 hari di Pondok Tambakberas Jombang.<>

“Mereka adalah peserta pilihan yang nilainya memenuhi syarat untuk mengikuti pesantren kilat selama 30 hari dengan bimbingan oleh guru-guru mumpuni untuk bisa lolos SMPTN,” ujar Zulfikar D Ikhwanto, ketua Sanlat SMPTN GP Ansor Jombang, Sabtu (5/5). 

Peserta seleksi Sanlat lanjut Anthok biasa dipanggil, diikuti 130 jurusan IPS dan 179 jurusan IPA dari 4 kabupaten  yakni, Jombang, Mojokerto Kabupaten dan Kota, Kabupaten Magetan.

”Jadi ini benar-benar seleksinya ketat, karena setiap jurusan hanya diambil 30 anak,” imbuhnya. 

Pesantren Kilat SMPTN yang digelar GP Ansor kali ini adalah untuk yang kedua kalinya, setelah pada atahun lalu Ansor Jombang juga menggelar kegiatan yang sama juga diikuti sekitar 60 peserta dari 4 Kabupaten.” Mereka akan dibimbing selama satu bulan untuk bias lolos masuk perguruan tinggi negeri,”tandasnya.

Para peserta Sanlat SMPTN ini, diwajibkan nyantri di PP Bahrul Ulum Tambakberasdengan dikaal para pembibing senior yang berpengalaman.” Disamping materi pelajaran sesuai dengan jurusan masing-masing. Peserta juga akan mendapatkan materi keaswajaan NU, untuk menguatkan kaderisasi NU dan Ansor,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua GP Ansor Jombang, H M Sholahul ‘Am Notobuwono mengatakan, kegiatan Sanlat SMPTN merupakan wujud kepedulian badan Otonom NU, Ansor menyiapkan kader diperguruan Tinggi Negeri.

“Selama ini kader-kader NU banyak yang rekrut kelompok lain, karenanya Ansor membentengi sejak sebelum masuk PTN,”ujarnya.

Dan diharapkan, peserta yang lulus SMPTN bisa menjadi pioneer kaderisasi NU ditingkatakan Mahasiswa khususnya PTN. Karenanya emereka diwajibkan mondok selama mengikuti bimbingan belajar masuk PTN di Tambakberas ini.

”Kader NU Banyak yang pinter-pinter, harus kita siapkan sejak dini,“  pungkas Gus Aam yang juga pengasuh PP Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

 

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Redaktur     : Syaifullah Amin
Kontributor : Muslim Abdurrahman 


Terkait