Nasional

Daftar 6 Tokoh Perempuan Jadi Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

Selasa, 15 Oktober 2024 | 14:30 WIB

Daftar 6 Tokoh Perempuan Jadi Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

6 sosok perempuan yang sudah dipanggil Prabowo Subianto untuk menjadi menteri di kabinetnya. (Ilustrasi: NU Online/Aceng)

Jakarta, NU Online

Presiden terpilih Prabowo Subianto mulai memanggil para calon menteri yang direncanakan masuk kabinetnya untuk datang di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10/2024) malam


Sebanyak 49 tokoh di antaranya telah dipanggil Prabowo untuk diminta komitmennya membantu pemerintah 5 tahun mendatang. Dari 49 tokoh itu, ada enam tokoh wanita yang telah dipanggil Prabowo.


Usai menerima para calon menterinya, Prabowo pun memberikan pernyataan kepada awak media yang mengunggu di luar kediamannya.


Ia mengatakan, semua calon menteri dan kepala lembaga yang dipanggil menyatakan setuju untuk membantu kabinetnya.


"Alhamdulillah semuanya menyatakan sanggup," kata Prabowo di depan kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.


1. Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga dipanggil Prabowo. Ia mengaku bicara soal posisi menteri dengan Prabowo.


"Beliau meminta saya untuk jadi Menkeu kembali," ungkap Sri Mulyani.


Sri sudah berkiprah di pemerintahan sebagai menteri keuangan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia juga menjabat posisi tersebut di kabinet Jokowi selama dua periode.


Kehadiran Sri Mulyani menjadi sorotan. Pasalnya, ia dikenal sebagai sosok yang bertentangan dengan Prabowo karena urusan anggaran Kementerian Pertahanan.


2. Veronica Tan

Salah satu kejutan dari daftar calon menteri Prabowo adalah Veronica Tan. Ia mulai dikenal publik sejak mantan suaminya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta bersama Joko Widodo pada 2012.


Veronica adalah perempuan kelahiran Medan yang aktif di komunitas Tionghoa. Ia juga memiliki bisnis daging impor melalui Alpha Agro Indonesia sejak 2018


3. Widiyanti Putri Wardhana

Widiyanti Putri termasuk satu dari sejumlah sosok yang dipanggil Prabowo ke kediamannya. Widiyanti Putri merupakan istri pengusaha, Wishnu Wardhana.


Widiyanti Putri dikenal sebagai seorang pengusaha yang menjabat Komisaris PT Teladan Prima Agro sejak 2021.


Widiyanti Putri meraih gelar Bachelor of Science Bidang Administrasi Bisnis dari Pepperdine University, Malibu, California, Amerika Serikat pada 1993.


Widiyanti Putri merupakan putri dari Wiwoho Basuki Tjokronegoro. Wiwoho Basuki Tjokronegoro merupakan pengusaha di bidang pertambangan.


4. Arifatul Choiri Fauzi

Arifatul merupakan Sekretaris Umum PP Muslimat NU. Ia juga aktif sebagai anggota Komisi Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (Infokom MUI).


Arifah pun pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.


5Meutya Hafid

Meutya adalah mantan jurnalis yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi I DPR.


Nama Meutya memang menjadi salah satu calon yang diusulkan Partai Golkar. Ia disebut-sebut akan menduduki posisi Menteri Komunikasi dan Informatika.


6. Ribka Haluk

Perempuan lainnya yang dipanggil Prabowo dalam persiapan calon menteri adalah Ribka Haluk. Ia adalah Pj Gubernur Papua saat ini.


"Ini pertama kali saya ke Kertanegara. Beliau mengucapkan terima kasih karena bergabung dengan kabinet beliau untuk melakukan kerja-kerja yang ditugaskan kepada kami," ucap Ribka.