Nasional

Ini Link Download Logo Hari Santri 2024

Jumat, 11 Oktober 2024 | 07:00 WIB

Ini Link Download Logo Hari Santri 2024

Logo Hari Santri 2024. (Foto: Kemenag)

Jakarta, NU Online

Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor SE 42 Tahun 2024 tentang Panduan Pelaksanaan Peringatan Hari Santri 2024.
 

Dalam surat edaran itu, Menteri Agama (Menag) H Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) menyampaikan tema peringatan Hari Santri 2024 yaitu Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan.
 

“Dalam peringatan Hari Santri tahun ini, kita merayakan semangat juang yang dinamis dan terus berlanjut menuju masa depan yang lebih baik. Tema Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan mengangkat makna yang dalam dan relevan dalam zaman ini,” ujar Gus Yaqut dalam surat edaran pada Rabu (9/10/2024).
 

Gus Yaqut menambahkan bahwa Menyambung Juang adalah frasa yang berarti meneruskan semangat juang, sedangkan Merengkuh Masa Depan adalah sebuah ungkapan yang memiliki arti bergerak bersama menuju sejahtera.


Secara keseluruhan, tema ini menyimbolkan perjuangan berkelanjutan para santri dalam merengkuh masa depan yang sejahtera, dengan semangat, keberanian, dan nilai-nilai luhur yang selalu dijaga dan diteruskan.
 

Selain tema, Kemenag juga meluncurkan logo resmi untuk Peringatan Hari Santri 2024. Logo tersebut bisa di-download di sini.


Makna logo Hari Santri 2024

Logo Hari Santri 2024 tampak seperti dua tali yang saling melilit dengan kombinasi warna hijau pine dan emas. Di bagian atasnya terdapat lingkaran dengan warna merah. Jika diperhatikan, dua tali yang saling melilit tersebut membentuk siluet santri yang sedang berlari. Bila kedua tali dilihat terpisah, akan membentuk huruf “s” dan “i” yang menjadi simbol Santri Indonesia.
 

Gus Yaqut menuturkan bahwa sosialisasi tema, logo, dan rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri 2024 dilaksanakan melalui situsweb, media sosial, spanduk, baliho, dan/atau standing banner.
 


“Seluruh pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Santri 2024 disesuaikan dengan kemampuan masing-masing serta mengedepankan prinsip kesederhanaan dan kekhidmatan,” ujar Gus Yaqut.
 

Menag juga mengajak seluruh masyarakat untuk memeriahkan peringatan Hari Santri 2024 dengan melakukan kegiatan zikir, shalawat, munajat, doa, dan kegiatan lainnya yang relevan dengan tema Hari Santri 2024.