Nasional

Lazisnu Galang Konvoi 10.000 Sepeda Santai

Rabu, 9 Mei 2012 | 09:29 WIB

Jakarta, NU Online
Lazisnu, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama menerima kunjungan dari Jak-teve dan Komunitas Sepeda Jakarta, Selasa (8/5) sore. Sedikitnya 20 orang memadati kantor Lazisnu, lt.2 Gedung PBNU, Jl. Kramat Raya No. 164, Jakarta Pusat. Mereka adalah beberapa orang dari Jak-teve dan Komunitas Sepeda Jakarta yang diwakili oleh belasan orang.<>

Sejumlah awak Jak-teve, rombongan Komunitas Sepeda Jakarta, dan beberapa pengurus Lazisnu, mengadakan rapat untuk membahas sekitar persiapan dan kemasan acara yang akan didukung bersama nantinya. Satu dua kawan-kawan komunitas sepeda, datang di tengah rapat berlangsung. Mereka tampak menaruh kepedulian tinggi terhadap gerakan sepeda santai ini.

Konvoi sepeda santai ini, diagendakan pada tanggal 10 Juni 2012, jam 6 sampai 10 pagi di Jakarta dengan rute pendek yang telah ditetapkan.

Reza, wakil dari Jak-teve mengatakan bahwa kegiatan bersepeda ini akan menjadi alternatif kendaraan setelah  pemberlakuan ‘Car-freeday’ di Jakarta setiap minggu. Pemberlakuan pemerintah ini mulai berjalan pada 13 Mei 2012.

Dalam rapat itu, ketiga pihak ini memutuskan kegiatan bersepeda santai ini juga bagian dari pengumpulan dana. Tema yang disepakati, ‘Funbike Berbuah Amal’. Para peserta yang bersepeda dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 25.000.

Dengan biaya yang ditetapkan, peserta sudah menginfakkan di dalamnya sebesar Rp. 10.000 untuk dikumpulkan dan disalurkan Lazisnu ke tangan yang berhak. “Kita juga menyiapkan kaos, snack, doorprize, dan hiburan,” ungkap Amir Ma’ruf, Direktur Lazisnu yang memimpin rapat.

Musyawarah di Lazisnu sore itu begitu hangat. Sejumlah orang tampak aktif mengeluarkan ide dan konsepnya terkait kemasan acara maupun bentuk doorprize yang akan diberikan kepada peserta.

Lazisnu merencanakan bentuk doorprizenya adalah tiket umroh ke tanah suci Mekkah. Usulan ini cukup fantastis mengingat sangat jarangnya bentuk doorprize suatu even yang sefantastis usulan Lazisnu.

Lazisnu juga menyediakan bentuk doorprize yang lain berupa tabungan syariah, beasiswa, sepeda, dan alat-alat elektronik kebutuhan rumah tangga pada umumnya. Inilah sejumlah ide yang digelontorkan Lazisnu sebelum akhirnya rapat ini direhat sesaat untuk menunaikan ibadah sembahyang Magrib.

Tempat pendaftaran dibuka bagi masyarakat umum di tiga titik, Jak-teve, Lazisnu, dan Komunitas Sepeda Jakarta. Jak-teve sebelum konvoi, turut menyosialisasikan acara ini. Talk show akan digelar Jak-teve dalam membahas ‘Car-freeday’. Pemenang doorprize akan diumumkan oleh Jak-teve. Lazisnu dan Komunitas Sepeda Jakarta juga akan turut hadir menyaksikan pengundian pemenang di Jak-teve kelak.



Redaktur : Syaifullah Amin
Penulis     : Alhafiz Kurniawan


Terkait