Nasional

LDNU-Puslitbang Kemenag Gelar Semiloka Kerukunan Beragama

Rabu, 28 November 2012 | 10:37 WIB

Jakarta, NU Online
Pengurus Pusat Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (PP LDNU) bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kehidupan Keagamaan Kementerian Agama Republik Indonesia menyelenggarakan Semiloka Kerukunan Umat Beragama bertajuk Mengatasi Problem Kerukunan dalam Berdakwah. Semiloka ini digelar dalam rangka mencari solusi atas kendala-kendala dakwah atau pengabaran dari berbagai agama yang kadang-kadang menimbulkan sengketa antar warga.

<>
Acara Semiloka yang berlangsung di Hotel Blue Sky Jl. Cikini Raya Jakarta, Rabu (28/11) ini dibuka oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj. Dalam pengarahannya, Kyai Said -sapaan akrab KH Said Aqil Siroj, menyatakan, kerukunan antar umat beragama adalah hal yang sangat penting untuk terus dipelihara dan ditingkatkan intensitasnya. Kendala-kendala yang masih ada yang kadang-kadang muncul ke permukaan.


"Karena pentingnya kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maka semiloka ini menjadi kegiatan yang sangat penting untuk terus dilaksanakan. Saya berharap Semiloka ini dapat menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat bagi untuk mempererat kerukunan antar umat beragama dan mempersempit jurang penghambat integrasi bangsa Indonesia," tutur Kyai said.



Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Semiloka H Syaifullah Amin yang juga Wakil Sekretaris PP LDNU menyatakan, semiloka ini diikuti oleh lima puluh peserta yang terdiri dari unsur-unsur perwakilan lintas agama dan perwakilan-perwakilan ormas Islam. 


"Melalui acara ini, PP LDNU berharap menjadi bagian yang tak terpisahkan dari proses integrasi bangsa yang terus berlangsung bagi bangsa Indonesia. Dalam Semiloka ini para peserta akan menymbangkan ide dan pemikiran untuk kelestarian kerukunan hidup bangsa Indonesia," tandas Syaifullah.


Hadir sebagai narasumber semiloka ini adalah Kapuslitbang Kehidupan Keagamaan Nur Kholis Setiawan, KH As'ad Said Ali Wakil Ketua Umum PBNU, KH Zakky Mubarok (Ketua PP LDNU) Prof. Yudian Wahyudi, Ph.D, Fathuri SR Manager Penelitian dan Kajian PP Lakpesdam NU, Bhikku Dhammasubo dari unsur agama Budha dan pdt. Martin Tjen dari unsur agama Kristen.


Penulis : A Khoirul Anam


Terkait