Nasional

Perkuat Struktur Masjid Hingga ke Ranting

Senin, 23 April 2012 | 02:04 WIB

Jakarta, NU Online
Rapat Pimpinan (Rapim) Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Region IV DKI Jakarta dan Banten di Asrama Haji Jakarta, Pondok Gede, Jakarta Timur, resmi ditutup, Ahad (22/4). Kesepakatan yang dihasilkan di antaranya adalah komitmen untuk memperkuat dan memfungsikan struktur LTMNU dari tingkat pusat sampai ke ranting.<>

Hal ini terungkap dari sembilan butir hasil keputusan Rapim yang dipimpin oleh Ketua Pengurus Pusat LTMNU KH Abdul Manan A Ghani. Peserta yang berjumlah sekitar 70 orang ini serentak telah berjanji akan melaksanakan seluruh butir tersebut di daerahnya masing-masing. 

“Kita ikat cita-cita kita untuk memajukan umat dan Indonesia melalui titik tolak yang paling dasar, yaitu masjid,” pinta Rais Syuriyah PBNU KH Masdar Farid Mas'udi sebelum akhirnya memandu prosesi janji (baiat) kesetiaan pengurus atas pelaksanaan butir-butir keputusan.

Masdar menyatakan, salah satu manfaat berorganisasi adalah berlipat-gandanya kekuatan sebuah komunitas dalam mengemban tanggung jawab. Struktur yang kuat dan mengakar akan mendorong perjuangan meraih kemaslahatan menjadi semakin ringan.

Dalam kesempatan ini forum juga telah bersepakat, guna memperkuat peran dan jaringan LTMNU yang mengakar ke bawah dan terstruktur, setelah Rapimnas Region IV ini PCNU siap menyelenggarakan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) LTMNU yang dihadiri oleh MWC dan Pengurus Ranting NU setempat paling lambat akhir Juni 2012.

Sejumlah langkah-langkah konkrit akan menjadi program dan tugas pokok setiap cabang, seperti penghimpunan basis data (data base) masjid, sertifikasi tanah masjid dan bangunan atas nama nadhir NU, penggalakan fungsi dan aktifitas masjid, serta pembuatan papan nama LTMNU yang akan dipasang serentak pada Juli mendatang.

Keputusan-keputusan itu merupakan hasil aspirasi peserta yang berkembang selama Rapim berlangsung dua hari. Salah satu peserta dari PCNU Jakarta Selatan Achmad Huzaifi mengaku puas dengan hasil keputusan Rapim. Pihaknya merasa terdorong untuk menindaklanjuti sejumlah program yang dibebankan.

“Kami sudah siap untuk melaksanakan dan akan segera terjun ke daerah-daerah,” tuturnya.

 

ADVERTISEMENT BY OPTAD

 

Penulis : Mahbib Khoiron


Terkait