Nasional

Perkuat Tekad Jaga NKRI, PWNU Riau Gelar Apel Akbar

Selasa, 8 Mei 2018 | 10:19 WIB

Pekanbaru, NU Online
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Riau menggelar apel akbar di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, pada Selasa (8/5). Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Lahir NU ke-92 menurut kalender Masehi dan ke-95 menurut kalender Hijriyah.

Ketua PBNU H Marsudi Syuhud yang hadir pada apel itu, mengajak seluruh elemen masyarakat yang hadir untuk menjaga dan meneguhkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Bersama kita meneguhkan Republik Indonesia yang kita hidup di dalamnya," katanya.

Lebih lanjut, Pengasuh Pondok Pesantren Ekonomi Daarul Ukhuwah Jakarta itu juga bahwa agama adalah pondasi dan pemerintah adalah penjaganya. Tanpa pondasi, sesuatu mudah roboh. Tanpa penjaga, sesuatu mudah hilang.

Oleh karena itu, ia menegaskan menjaga NKRI merupakan jihad. "Menjaga warisan leluhur, founding fathers merupakan jihad," ujarnya.

Jika terdapat kekurangan dalam negara, menurutnya, solusinya bukan dengan mengganti keseluruhannya. Tetapi perbaiki kekurangannya itu. 

Apel yang mengangkat tema "NU Menjaga NKRI" ini diadakan pembacaan ikrar kesetiaan NKRI. Pembacaan ini diikuti oleh ratusan pelajar yang tumpah di depan rumah dinas Gubernur Riau.

Kegiatan yang penuh terik sinar matahari itu dihadiri oleh Ketua Umum PKB H Muhaimin Iskandar, Ketua PBNU H Robikin Emhas, Ketua PBNU H Eman Suryaman, Wakil Sekretaris Jenderal Andi Najmi Fuadi, Rais Syuriyah PWNU Riau KH Hajar Hasan, dan Ketua PWNU T Rusli Ahmad Hadir. (Syakir NF/Abdullah Alawi)


Terkait