Nasional

Sarbumusi Bantu Mudik Gratis Seribu Buruh

Rabu, 15 Agustus 2012 | 11:14 WIB

Jakarta, NU Online
Pimpinan Pusat Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) membatu mudik gratis kepada sekitar seribu buruh dari Jakarta ke kampung halamannya masing-masing. Mereka diberangkatkan dari halaman gedung PBNU, Jakarta, Selasa (15/8). <>

Seribu buruh tersebut menumpangi 15 bus yang disediakan Sarbumusi dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rute perjalanan menggunkan jalur utara dan selatan. 

Ketua Umum PP Sarbumusi Saiful Bahri Anshori mengatakan tujuan mudik bersama buruh ini adalah sebagai solidaritas dan meringankan beban para buruh.

“Menjelang lebaran ini, para buruh harus memenuhi kebutuhan yang banyak. Kita berusaha membantu mengurangi beban mereka,” ujarnya. 

Saiful menambahkan, mudik gratis ini juga membantu mempermudah para buruh untuk berjumpa dengan keluarga, serta sanak kerabatnya.

Menurut saiful mudik gratis ini akan menjadi agenda tahunan,” Alhamdulillah ini tahun yang kedua Sarbumi menyelenggarakan mudik gratis. Tahun kemarin 10 bus, sekarang 15. Mudah-mudahan tahun depan 25,” harapnya. 

Menurut ketua dari 200 ribu buruh yang terdaftar ini, selain mudik gratis, Sarbumusi juga aktif mengadvokasi para buru yang haknya tidak dipenuhi, misalnya THR. 


Redaktur : Syaifullah Amin
Penulis     : Abdullah Alawi


Terkait