Warta

Dicari Guru NU untuk Dikirim ke Amerika

Senin, 22 Mei 2006 | 08:57 WIB

Jakarta, NU Online
Warga nahdliyyin (sebutan untuk warga NU) yang berprofesi guru akan mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Amerika Serikat (AS). Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendapat tawaran dari pemerintah AS untuk mengirimkan guru di lingkungan NU guna mengikuti pelatihan selama tiga bulan.

Guru yang mendapat peluang pelatihan ini adalah mereka yang mengajar pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP/yang setingkat) dan mengajar pada bidang studi Bahasa, Matematika dan Ilmu Pengetahuan.

<>

“Ada tawaran bagi guru tingkat SMP atau MTs untuk mengikuti pelatihan di Amerika selama tiga bulan,” kata Ketua PBNU Bidang Urusan Luar Negeri, Rozy Munir kepada NU Online di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Ahad (21/5) lalu.

Menurut Rozy, begitu ia akrab disapa, guru sekolah atau madrasah di lingkungan NU yang berminat mengikuti pelatihan tersebut diharapkan segera mendaftarkan diri dengan datang langsung ke kantor PBNU lantai 5 atau menghubungi nomor telpon 021-3928879 guna mendapatkan informasi lebih lanjut. Saat ini, pendaftaran telah dibuka dengan batas terakhir pada 2 Juni mendatang.

”Waktu sangat mepet. Saya berharap yang berminat segera mendaftarkan diri dan melengakapi persyaratanya,” ungkap mantan Menteri BUMN era pemerintan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu.

Mengenai persyaratannya, tokoh NU jebolan Universitas Hawai itu menjelaskan, guru yang berminat mengikuti program ini harus mendapatkan rekomendasi dari sekolah atau madrasah atau tokoh masyarakat, minimal lima tahun menjadi guru, mengisi biodata diri, dan mempunyai nilai TOEFL minimal 500. ”Itu di antara syarat-syaratnya,” tandasnya.

Bagi mereka yang dinyatakan lulus seleksi akan dikirim ke AS dan mendapatkan fasilitas lengkap, yang meliputi tiket pesawat pulang dan pergi, bayaran program, asuransi, akomodasi, uang saku tranportasi selama mengikuti pelatihan, dan satu unit komputer. ”Tawaran ini sangat baik. Saya harap ada guru NU yang bisa mengikuti pelatihan ini,” katanya. (rif)

Untuk mendapatkan formulir pendaftaran beserta informasi selengkapnya, silakan kirimkan alamat E-mail Anda ke E-mail redaksi: redaksi_nuonline@yahoo.co.id . Beri judul: International Educators Program (IEP) pada E-mail Anda.


Terkait