Warta

LAZIS NU Bagikan Hewan Qurban di Daerah Bencana

Senin, 17 Desember 2007 | 06:42 WIB

Jakarta, NU Online
Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZIS NU) membuat gebrakan baru. Momentum Hari Raya Idul Adha tahun ini dimanfaatkan oleh lembaga tersebut dengan mencanangkan “Gerakan Qurban Nasional 2007”.

Gerakan yang dijalankan sejak 3 hingga 19 Desember mendatang itu berbentuk pengumpulan hewan qurban. Seluruh hewan dari para pequrban (mudlahhi) kemudian akan dibagikan pada masyarakat di sejumlah daerah di Indonesia yang tertimpa bencana alam.<>

Sejumlah daerah yang menjadi sasaran pemberian hewan qurban itu, antara lain, Nangroe Aceh Darussalam (korban gelombang tsunami), Medan, Bengkulu dan Padang (korban gempa bumi), Kediri, Blitar (pengungsi Gunung Kelud), Sidoarjo (korban lumpur Lapindo), Jember, Situbondo (korban banjir bandang) dan Jakarta (korban kebakaran dan banjir).

Sekretaris Pimpinan Pusat LAZIS NU, Mabroer, mengatakan, pihaknya yakin banyak sekali potensi kaum muslim yang mampu berqurban dengan seekor kambing, sapi atau kerbau, yang belum tergarap.

“Hal ini dikarenakan keengganan para aghniya (yang berkemampuan dan berkecukupan harta benda, Red) atau karena banyak penyelenggara qurban yang tidak profesional sehingga distribusi dan wilayah sebarannya sangat sempit atau bersifat lokal,” terang Mabroer.

Menurutnya, LAZIS NU menjamin bahwa hewan qurban yang merupakan sumbangan dari para pequrban akan disalurkan dan didistribusikan kepada yang orang-orang benar-benar berhak serta dapat dipertanggungjawabkan. Untuk kepentingan tersebut, pihaknya juga telah bekerja sama dengan sejumlah pengurus wilayah NU se-Indonesia.

“Para mudlahhi akan mendapatkan beberapa fasilitas, antara lain, (operasional pengiriman, pemotongan hewan, publikasi nama mudlahhi di harian Seputar Indonesia, layanan jemput dan qurban, progress report dikirim langsung ke alamat mudlahhi, foto hewan qurban para mudlahhi. Para pequrban juga diperkenankan meninjau lokasi pemotongan atas biaya sendiri,” urainya.

Para pequrban yang berminat bergabung dengan panitia Gerakan Qurban Nasional 2007, dapat datang langsung ke kantor PP LAZIS NU, di Gedung PBNU lt.7, Jalan Kramat Raya No 164, Jakarta Pusat 10430, telp/faks: (021) 3102913.

Dana qurban dapat ditransfer ke nomer rekening, atas nama PP LAZIS NU:
1.    BNI, nomer rekening: 0108575648
2.    BSM, nomer rekening: 1280003051
3.    Bank Mandiri, nomer rekening: 1230004838977
4.    BCA, nomer rekening: 6340161481


Terkait