Warta

LTNNU-ICC Jalin Kerjasama

Senin, 22 Mei 2006 | 14:01 WIB

Jakarta, NU Online
Kunjungan Penasehat Presiden Republik Islam Iran Ayatullah Taqi Misbah Yazdi ke Kantor PBNU di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Senin (22/5), tak disia-siakan oleh Lajnah Ta’lief wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN-NU).

Saat itu juga, lembaga pengembangan informasi di bawah naungan NU ini menjalin kerjasama dengan Islamic Cultural Center (ICC), sebuah lembaga pusat kebudayaan Iran di Indonesia.

<>

Kerjasama kedua lembaga itu berbentuk membuka kursus Filsafat Islam dan Bahasa Persia (Bahasa Iran).

Penandatanganan kerjasama kedua lembaga itu secara simbolis dilakukan oleh Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi di hadapan petinggi PBNU yang lain dan Ayatullah Misbah beserta rombongannya.

Kursus Filsafat Islam diharapkan bukan hanya sebagai upaya memperkaya wawasan dalam bidang filsafat Islam, namun lebih dari itu sebagai langkah awal silaturrahmi antara kedua lembaga.

Sementara itu, kursus Bahasa Persia diperlukan dikarenakan banyak tradisi Islam baik fikih, filsafat maupun tasawuf yang ditulis dalam bahasa Persia belum tergali secara maksimal.

Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj mengemukakan bahwa banyak tokoh besar Islam yang berasal dari Persia. “Dalam bidang hadis kita kenal Imam Bukhari, Imam Muslim, dan Imam Turmudzi. Dalam filsafat kita kenal Ibnu Sina, al-Farabi, dan Fahrurrozi. Sementara di bidang tasawuf ada Maulana Jalaluddin Rumi dan Mulla Sadra,” ungkap nya.
 
Sementara itu, Wakil Sekretaris LTN-NU Dawam Sukardi mengatakan bahwa kursus itu akan dilakukan dalam waktu dekat. “Kursusnya akan dimulai dalam waktu dekat. Bagi yang berminat silakan hubungi LTN-NU,” katanya. (rif/dar)


Terkait