Warta

Munas dan Konbes NU Ajang Rekonsiliasi Antarulama

Kamis, 13 April 2006 | 06:52 WIB

Jakarta, NU Online
Musyawarah Nasional Alim Ulama (Munas) dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) akan digelar di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, pada 27-30 Juli mendatang. Munas dan Konbes ini diharapkan dapat menjadi momen yang penting bagi warga nahdliyin.

Ketua Panitia Munas dan Konbes NU, KH Ma’ruf Amin menegaskan, perhelatan ini untuk meneguhkan kembali NU kepada khittahnya dan sebagai ajang konsolidasi organisasi yang ada dalam tubuh organisasi Islam terbesar ini agar mampu memikul tanggung jawab baik dari tingkat pusat maupun daerah.

<>

Lebih lanjut, Ma’ruf mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan sebagai media rekonsiliasi antarulama yang selama ini terlibat dalam konflik politik.

“Munas dan Konbes ini sengaja digelar di Jawa Timur karena selama ini para ulama terutama yang ada di provinsi ini larut dalam ghirrah perpolitikan,” ungkap Ma’ruf saat membuka rapat panitia penyelenggara, di gedung PBNU Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat, Kamis (13/4).

Ketua KOmisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu juga mengungkapkan, perhelatan ini diharapkan dapat “membangun pemberdayaan warga nahdliyin” dalam bidang ekonomi maupun pendidikan yang selama ini terabaikan. (dar)


Terkait