Warta

PC Fatayat NU Kudus Adakan Rapat Kerja

Sabtu, 24 Maret 2012 | 08:11 WIB

Kudus, NU Online 
Pengurus Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kudus menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di Aula Kantor NU Kudus, Jum'at (23/3). Rakercab diikuti semua pengurus Cabang yang sudah dilantik awal Maret lalu dengan agenda merumuskan program kerja lima tahun mendatang. <>

Ketua PC Fatayat Kudus Karyati Inayah mengatakan Rakercab ini akan menjadi langkah awal  pengurus merealisasikan program kerja Fatayat  periode 2012-2016.

“Pasca pelantikan, kita mengemban amanah yang tidak ringan untuk melanjutkan tanggung jawab organisasi. Makanya, kita harus sungguh-sungguh  menyusun program yang member manfaat bagi anggota maupun masyarakat,” katanya saat membuka rakercab. 

Lima tahun ke depan, katanya, Fatayat akan memprioritaskan penguatan kader dan program-program  keperempuan-an dan kesehatan.

“Makanya pengurus departemen bisa menyusun program yang sesuai rancangan saat konperensi cabang Fatayat lalu dan kebutuhan anggota,” ujarnya. 
 
Dalam acara  tersebut,  Pembina Fatayat Kudus Noor Hidayah yang hadir memberikan pengarahan dan gemblengan kepada pengurus baru tersebut. Noor Hidayah mengatakan menjalankan organisasi harus dilaksanakan dengan kebersamaan, menjaga soliditas dan saling mendukung diantara pengurus.

“Pengurus harus menjaga kebersamaan dan kesolidan karena itu adalah modal utama dalam berjuang,” tandasnya. 


Sementara dosen STAIN Kudus Siti Malaiha Dewi membekali peserta Raker dengan Analis SWOT. Menurutnya, dalam menyusun program kerja pengurus mampu melakukan analisis SWOT sehingga program tersebut bisa sesuai kebutuhan anggota.

“Analisis SWOT bisa sebagai pijakan dalam pembuatan program. “ katanya singkat.
 
Aktivis gender di Kudus ini juga mengusulkan  Fatayat ke depan hendaknya membangun jejaring yang lebih luas untuk meningkatkan bargaining organisasi dan menambah jaringan dengan Instansi-instansi yang ada di Kudus. 

“Banyaknya jaringan akan menjadi modal besar untuk melakukan kerja sama dengan intansi  yang bisa dirasakan manfaatnya oleh anggota. Misal kerjasama pelatihan di bidang ekonomi, kesehatan bahkan kegiatan kebudayaan,” imbuh Malaiha Dewi.

Rakercab yang berlangsung satu hari itu menghasilkan beberapa program yang antara lain Pengaktifan dan pembentukan ranting mulai April - Desember 2013. Kemudian mengadakan  Seminar kesehatan reproduksi perempuan dan pemeriksaan kanker servik untuk kader, Expo dalam rangka harlah Fatayat dan  penerbitan bulletin hawa 4 bulan sekali serta pendirian Kids center.

“PC Fatayat NU Kudus mohon doa dan dukungan, semoga program tersebut bisa diwujudkan demi kemaslahatan perempuan dan  masyarakat pada umumnya.”pinta ketua PC Fatayat Inayah kepada NU Online. 



Redaktur     : Syaifullah Amin
Kontributor : Qomarul Adib 


Terkait