Warta

Target Kelulusan UN Madrasah di Atas 94 Persen

Ahad, 25 Maret 2012 | 23:14 WIB

Jakarta, NU Online
Sebanyak 1,6 juta siswa madrasah di seluruh Indonesia akan mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun 2012. UN dilakukan untuk mengukur capaian standar kompetensi lulusan peserta didik secara nasional.<>

"Persiapan kami untuk pelaksanaan UN tahun ini sudah 90 persen. Kalau tahun lalu angka kelulusan madrasah mencapai 94 persen, kita harapkan tahun ini akan lebih baik," kata Direktur Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Dedi Djubaedi di Jakarta, baru-baru ini.

Proses persiapan UN tahun ini juga dilakukan di madrasah yang sedang mengalami masalah, seperti yang berlokasi di daerah terkena bencana alam. UN 2012 tingkat Madrasah Aliyah dimulai 16 April sampai 19 April, sedangkan ujian susulan dijadwalkan 23-26 April 2012.

UN tingkat Madrasah Tsanawiyah dilaksanakan 23-26 April dan ujian susulan pada 30 April sampai 4 Mei 2012. Sedangkan UN untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah dilaksanakan 7-9 Mei dan ujian susulan pada 14-16 Mei 2012.

Menurut Dedi, upaya untuk meningkatkan angka kelulusan siswa madrasah pada tahun ini tergantung motivasi, serta kepala madrasah dan guru yang bertanggung jawab mengantarkan anak didiknya lulus dengan baik.

Kementerian Agama berikrar siap membangun budaya pembelajaran berdasarkan ajaran agama dan nilai-nilai utama karakter bangsa, yaitu beriman, bertakwa, jujur, bersih, santun, cerdas, disiplin, kreatif, kerja keras dan bertanggung jawab. 



Redaktur : Syaifullah Amin


Terkait