Daerah

Ansor Randuputih Kembangkan Usaha Ikan Teri

Rabu, 23 Januari 2013 | 06:03 WIB

Probolinggo, NU Online
Pengurus Pimpinan Ranting GP Ansor Desa Randuputih Kecamatan Dringu, Probolinggo saat ini tengah berupaya mengembangkan potensi ikan teri sebagai pakan alternatif untuk budidaya lele. 
<>
Upaya tersebut didukung dengan melimpahnya hasil sumberdaya laut yang dimiliki daerah tersebut. Program yang dicanangkan oleh Pimpinan Ranting GP Ansor Desa Randuputih ini merupakan implementasi terobosan yang dibuat oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Dringu dalam rangka pemberdayaan perekonomian masyarakat. 

Ketua Pimpinan Ranting GP Ansor Desa Randuputih Supriyono mengungkapkan ikan teri memiliki banyak manfaat yang sangat besar bagi tubuh kita. Sejauh ini masyarakat minat terhadap ikan teri lebih dikarenakan bentuknya yang kecil dan praktis untuk dimasak, harganya yang relatif murah dan ketersediaannya yang sangat banyak.

“Tetapi dibalik semua itu, ternyata ikan teri juga dapat dikembangkan sebagai salah satu bahan untuk membuat pakan alternatif budidaya lele. Jika dikembangkan dengan baik, maka usaha ini akan mendatangkan keuntungan yang sangat besar dan dapat mengangkat perekonomian masyarakat,” ungkapnya kepada NU Online, Rabu (23/1).

Menurut Supriyono, harga pakan yang tinggi sering kali menjadi kendala bagi petani dalam budidaya lele. Oleh karena itu untuk menyiasatinya perlu digunakan pakan alternatif tambahan. Penggunaan pakan alternatif ini diharapkan dapat mengurangi biaya produksi dan meningkatkan keuntungan.

“Ikan teri merupakan salah satu pakan alternatif yang dapat digunakan oleh pembudidaya lele. Selain harganya yang murah, pembudidaya juga akan mendapatkan hasil yang melimpah karena berkurangnya biaya produksi,” jelasnya.

Dikatakan Supriyono, awalnya usaha ini berangkat dari sekedar coba-coba saja. Ternyata apa yang diperolehnya diluar dugaan. Lele yang diberi pakan alterntif ikan teri ini ukurannya juga tidak kalah dengan pakan-pakan kebanyakan. Bahkan hasilnya juga efektif karena mampu menghemat pengeluaran untuk membeli pakan.

“Melalui kegiatan ini, setidaknya masyarakat bisa meningkatkan perekonomian keluarganya dengan memanfaatkan potensi daerah yang dimilikinya. Pemuda Ansor akan terus berupaya untuk terus memberdayakan masyarakat untuk peningkatan perekonomian,” pungkasnya.

Sementara Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Dringu Mahfud Hidayatullah menyambut baik apa yang dilakukan oleh Pimpinan Ranting GP Ansor Desa Randuputih. Pihaknya mengaku akan membantu untuk mensosialisasikan program tersebut kepada ranting lain agar usaha tersebut bisa cepat berkembang.

“Semoga upaya yang dilakukan oleh GP Ansor Desa Randuputih ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat utamanya yang berada di daerah pesisir pantai,” harapnya.


Redaktur     : Hamzah Sahal
Kontributor : Syamsul Akbar


Terkait