Daerah

Unik, Kaligrafer Santri Ini Jadikan Batik sebagai Inspirasi Ornamen Kaligrafi

Rabu, 2 Oktober 2024 | 20:30 WIB

Unik, Kaligrafer Santri Ini Jadikan Batik sebagai Inspirasi Ornamen Kaligrafi

Zainul Mujib, kaligrafer asal Sekolah Kaligrafi Al-Quran (SAKAL) di Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar, Jombang, Jawa Timur. (Foto: dok. istimewa/NU Online)

Jombang, NU Online

Kaligrafer tulisan Arab asal Sekolah Kaligrafi Al-Quran (SAKAL) di Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar, Jombang, Jawa Timur Zainul Mujib memiliki karya unik karena terinspirasi dari batik Nusantara. 


Mujib sejak lama memiliki perhatian khusus pada ornamen dengan mengambil titik inspirasi dari budaya Nusantara, khususnya batik. Yang tingkat kesulitannya meningkat karena butuh ketelitian dan kesabaran.


Untuk sebuah karya, Mujib butuh waktu fokus yang cukup banyak, tergantung dari tingkat kesulitan motif ornamen atau dekorasi atau hiasan yang ia pilih.


"Dalam beberapa karya ornamen (iluminasi) yang saya buat, sebagian besar kami masukan unsur motif batik Nusantara di dalamnya," kata Mujib kepada NU Online, Rabu (02/10/2024). 


 

Zainul Mujib sedang membuat karya kaligrafi dengan ornamen batik. (Foto: dok. istimewa/NU Online)
 

Founder dan CEO kitabah_academy ini menambahkan, salah satu diantaranya ada motif mega mendung, motif parang, juga motif sungging wayang-wayang dan berbagai motif lainnya. 


Di sebagian karya terkhusus karya iluminasi mushaf nusantara  mengadopsi motif dari ukir pintu gebyok Jawa, motif ukir candi, juga motif parang rusak yang di stylasi. 


"Memasukan unsur-unsur motif nusantara ini menjadi hal yang cukup penting untuk kemudian kita dapat menalaah kembali betapa kayanya peninggalan kebudayaan yang telah di wariskan oleh para pendahlu," imbuhnya. 


Zainul Mujib mengatakan, karyanya tersebut sudah ia bawa dalam kompetisi dan pameran di dunia internasional. Beberapa kali karyanya memenangkan perlombaan nasional seperti Musabaqoh Tilawatil Quran. Lewat kitabah_academy, ia juga membuka kelas online untuk tahsin kitabah Online, class of naskhi, riqah, dan magribi script


"Disamping itu, dunia juga perlu tahu bahwa Nusantara, terkhusus Indonesia ternyata menyimpan begitu banyak motif untuk dijadikan sumber inpirasi dalam menyajikan sebuah karya, " ujarnya. 


Zainul Mujib memilih batik dan budaya nusantara, karena motifnya yang cukup banyak serta bervariasi. Sehingga ia tidak kehabisan ide untuk membuat karya kaligrafi indah dan sejuk. Selain itu, dengan menggunakan batik dan kebudayaan nusantara, karyanya memiliki akar yang kuat. 


Saking banyaknya motif batik dan budaya nusantara, bahkan motif-motif tersebut setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dari satu sama lain. Motif budaya di Jawa Timur sendiri cukup beragam. Belum lagi motif daerah Kalimantan dan Sumatra. 


"Meskipun kreatifitas dalam menyajikan konsep sebuah karya itu tidak ada batasnya, tapi menjadi penting untuk tetap berpegang pada akar literatur atau peninggalan kebudayaan terdahulu, supaya ruh dalam karya  itu tetap terjaga," tutupnya.