Nasional

Pergunu Akan Terbitkan Jurnal Volume III

Senin, 24 Desember 2012 | 03:46 WIB

Jakarta, NU Online
Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) akan menerbitkan jurnal ilmiah volume III dalam waktu dekat ini. Jurnal tersebut ditulis oleh para guru dan dosen Nahdatul Ulama.
<>
Demikian disampaikan Sekretaris PP Pergunu Gatot Suyono saat dihubungi NU Online, Ahad (23/12). "Kami targetkan terbit bulan ini. Tapi kalau memang terlalu mepet, bulan depan," ujarnya.

Badan Otonom NU yang tergolong baru ini  sudah dua kali menerbitkan jurnal ilmiah. Tulisan yang dimuat tak terikat tema spesifik, melainkan dibebaskan menurut relevansinya dengan isu pendidikan dan keguruan.

Penerbitan jurnal merupakan salah satu langkah Pergunu untuk mendokumentasikan pemikiran dan mengembangkan tradisi kepenulisan.

Gatot menyatakan, Pergunu juga tengah merumuskan agenda Pelatihan Penelitian Kuantitatif. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan mutu guru dalam menulis.

"Selama ini yang guru-guru NU lebih mengenal penelitian kualitatif. Maka pelatihan penelitian kuantitatif menjadi penting," tambahnya.

Menurut Gatot, permberdayaan ini sangat sesuai dengan tuntutan guru sekarang. Kompetensi menulis dengan pendekatan kuantitatif akan turut membantu mereka dalam program sertifikasi.

Redaktur : Hamzah Sahal
Penulis    : Mahbib Khoiron


Terkait