Nasional

Sarbumusi Kuatkan Spiritual Buruh

Rabu, 19 Desember 2012 | 06:00 WIB

Jakarta, NU Online
Sarekat Buruh Muslimin Indonesia, Sarbumusi, menggiatkan program peningkatan keimanan dan ketakwaan buruh. Program penguatan spiritual buruh adalah bagian dari program utama Sarbumusi.
<>
Hal ini dikemukakan oleh Baitul Khairi, Wakil Sekretris Umum PP Sarbumusi saat ditemui NU Online di lantai dua Gedung PP Sarbumusi, jalan Raden Saleh I nomor 7 A, Jakarta Pusat, Selasa (18/12) sore.

Menurut Khairi, peningkatan iman dan takwa buruh menjadi suatu keniscayaan sebagai jalan hidup buruh yang mesti ditempuh. Karena, aktivitas perburuhan juga tidak menghalangi elemen dunia kerja dalam perihal kerohanian.

Dia membuktikan keistimewaan Sarbumusi sebagai serikat pekerja. Karena, selain menjalankan program advokasi dan peningkatan kesejahteraan buruh, Sarbumusi juga menggarap bidang kerohanian buruh.

“Banyak hal yang bisa digarap oleh kelompok buruh dalam hal kerohanian. Wong buruh juga kreatif dalam mengadakan kegiatan di luar perburuhan seperti membentuk komunitas berdasarkan hobi,” kata Khairi di ruang tamu Kantor Sarbumusi Selasa (18/12) sore.

Sarbumusi rencananya akan mengadakan istigasah di bulan Januari 2013. Baitul belum sempat menjelaskan menetapkan kepastian tanggalnya. Menurut dia, kepastian hari dan tanggal itu akan diputuskan dalam rapat kepengurusan dalam waktu dekat.

“Kenaikan upah dan penghapusan undang-undang tenaga alih daya misalnya, itu juga patut disyukuri agar ke depannya kesejahteraan buruh bertambah baik. Jadi peningkatan kerohanian buruh itu bisa dilakukan dengan banyak hal seperti tasyakuran dan sebagainya,” tegas Khairi. 

 

Redaktur : Hamzah Sahal
Penulis    : Alhafiz Kurniawan

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Terkait