Pesantren

Musabaqah Qira'atil Kutub Pondok Pesantren

Jumat, 21 Desember 2012 | 01:50 WIB

Bantul, NU Online
Ratusan santri dari 15 pesantren yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bantul tampak antusias mengikuti Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) antar santri Pondok Pesantren se-Kabupaten Bantul 2012 di PP Al-Imdad Pandak Bantul. 
<>
Acara yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kab. Bantul ini dibuka oleh Drs. Sudaryanto dari Dinsos Pemda Bantul, atas nama Bupati Kabupaten Bantul. 

Dalam sambutannya, Sudaryanto menyampaikan rasa terima kasih atas upaya FKPP dalam membangun silaturahim yang baik antar pesantren-pesantren di Bantul. 

Sudaryanto juga menyampaikan kesiapan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul dalam mendukung kegiatan-kegiatan berbasis pesantren di wilayah Kabupaten Bantul. 

Sebelumnya, KH Drs. Habib A. Syakur dalam sambutannya selaku Ketua FKPP Bantul merangkap tuan rumah menegaskan pentingnya ajang MQK sebagai arena unjuk kemampuan membaca kitab kuning di kalangan santri-santri. Hal ini tak lepas dari kenyataan bahwa kemampuan qira`atul kutub ini adalah salah nilai inti dari pesantren. 

“Kayaknya kok kurang pantes kalau ada lulusan pesantren yang tidak bisa baca kitab gundul. Itulah sebabnya, kami sangat bersyukur acara ini bisa terselenggara setelah digagas cukup lama, tepatnya sejak September 2011 lalu,” demikian ujar Habib.  

Redaktur      : Hamzah Sahal
Kontributor  : Muhammad Yusuf Anas


Terkait