Warta

Hasyim Kembali Tegaskan Tak Calonkan Diri Lagi dalam Muktamar

Sabtu, 15 Agustus 2009 | 06:51 WIB

Jakarta, NU Online
KH Hasyim Muzadi kembali menegaskan bahwa dirinya tidak akan mencalonkan diri lagi sebagai ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam Muktamar ke-32 NU di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Januari 2010 mendatang.

Ia mengatakan hal itu dalam sambutannya pada Pelantikan Pengurus Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Pelajar NU dan PP Ikatan Pelajar Putri NU periode 2009-2012 di Gedung Smesco, Jakarta, Jumat (14/8) malam.<>

“Saya tidak akan meneruskan yang seperti ini lagi (baca: tidak mencalonkan lagi). Saya sudah tua,” terang Hasyim seraya menambahkan bahwa dirinya ingin lebih konsentrasi mengurus pesantren yang didirikannya, yakni, Pesantren Mahasiswa Al Hikam, di Malang, Jawa Timur dan di Depok, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, ia menyinggung sikap sejumlah pihak yang tidak sependapat dengannya. “Sebetulnya, bukan masalah (Ketua Umum PBNU-nya) Hasyim atau bukan Hasyim, tapi yang lebih penting dari itu adalah masa depan NU,” pungkasnya.

Ia mengatakan hal itu menanggapi desakan sejumlah kalangan muda NU yang memintanya tak mencalonkan kembali pada Muktamar nanti. Kalangan muda NU itu menilai Hasyim telah sering melibatkan NU secara organisasi ke dalam urusan politik praktis. (rif)


Terkait