Warta

Menag Akan Pimpin Sidang Itsbat Penetapan Awal Ramadhan, Sore Ini

Kamis, 20 Agustus 2009 | 07:47 WIB

Jakarta, NU Online
Menteri Agama (Menag) Muhammad Maftuh Basyuni dijadwalkan memimpin sidang Itsbat penetapan awal Ramadhan 1430 H, di Kantor Departemen Agama, Jakarta, Kamis (20/8) sore ini.

Sidang akan dihadiri Menkominfo Muhammad Nuh, perwakilan ormas Islam, di antaranya, Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persis, Al Wasliyah, Al Irsyad, Tarbiyah Islamiyah, Persatuan Umat Islam (PUI) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dewan Dakwah Islam (DDI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI).<>

Akan hadir pula para duta besar negara sahabat yang berpenduduk muslim yang bertugas di Jakarta.

Direktur Urusan Agama, Muchtar Ilyas, mengatakan, para ahli hisab (metode perhitungan astronomis) dan rukyat (metode pengamatan terhadap bulan) dari berbagai ormas Islam berkumpul dalam sidang itsbat untuk bermusyawarah dan memutuskan awal Ramadhan 1430 H yang selanjutnya ditetapkan melalui keputusan Menag.

Penetapan awal Ramadhan akan dilakukan berdasarkan perhitungan hisab dan rukyah. "Sama seperti tahun-tahun sebelumnya hampir di seluruh daerah melakukan ru'yatul hilal," ujar Muchtar.

Departemen Komunikasi dan Informasi bekerja sama dengan Depag, kata Muchtar, akan melakukan ru'yatul hilal di 9 titik di seluruh Indonesia, menggunakan teropong canggih. Sembilan titik pemantauan tersebut terletak di Aceh, Bandung, Sukabumi, Gresik, Lamongan; Semarang, Kupang, Ternate dan Makassar. (ant/rif)


Terkait