Daerah

Lomba Mars JQH dan Kaligrafi Jawa Timur

Selasa, 5 Maret 2013 | 23:34 WIB

Surabaya, NU Online
Pimpinan Wilayah Jam’iyatul Qurra wal Huffazh (JQH) Jawa Timur akan menyelenggarakan lomba mars tingkat Jawa Timur. Kegiatan ini sebagai bagian dari mata rangkai Konferensi Wilayah NU Jawa Timur yang akan berlangsung bulai Mei mendatang.
<>
Ketua PW JQH Jawa Timur, HM Zainul Arifin menandaskan, kegiatan ini sebagai upaya untuk memberdayakan keberadaan kepengurusan di tingkat kabupaten dan kota se Jawa Timur. 

“Kita ingin setiap Pimpinan Cabang JQH memiliki paduan suara atau crew untuk mars,” katanya kepada NU Online (5/3).

Dengan diadakannya lomba ini paling tidak akan ada persiapan dan konsolidasi di tingkat pengurus untuk melakukan pembinaan yang lebih intensif. “Sebab kita menyadari, intensitas koordinasi dan pengembangan organisasi masih belum sepenuhnya berjalan sesuai harapan,” terangnya.

Alumnus pasca sarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya ini  berharap kegiatan ini dapat menstimulus para pengurus untuk terus melakukan rutinitas organisasi sembari menata kelembagaan yang ada. “Lomba ini hanya sebagai motivasi,” terangnya. Namun meskipun demikian diharapkan akan ada upaya lebih kepada pemberdayaan bagi internal pegiat JQH di daerah.

Pada kegiatan ini nantinya juga akan dibarengkan dengan lomba kaligrafi yang diikuti oleh peserta dari berbagai kepengurusan daerah. 

“Ini juga sebagai media untuk menjaring potensi para pecinta kaligrafi yang tersebar di daerah,” lanjutnya.

Zainul, sapaan akrabnya, berkeyakinan akan ditemukan khattah potensial dari beberapa daerah. “Kita akan dorong pengurus daerah untuk melakukan seleksi kepada mereka sehingga bakatnya nanti dapat tersalurkan dengan benar,” katanya.

Bahkan bila memungkinkan, JQH akan berupaya menfasilitasi para ahli kaligrafi atau khattat ini untuk melakukan pameran di level yang lebih tinggi. “Sehingga wawasan dan jaringan serta karya mereka dapat tersebar lebih luas,” ungkapnya.

Kegiatan lomba mars JQH serta kaligrafi ini merupakan bagian dari pra Konferensi  Wilayah (konferwil) NU Jawa Timur. Acara ini juga akan menempati arena konferwil yakni di Pesantren Bhumi Shalawat, Tulangan Sidoarjo. 

Redaktur     : Hamzah Sahal
Kontributor : Syaifullah


Terkait