Daerah

MKQ Nasional, Jaring Mahasiswa Ahli Kaligrafi

Selasa, 19 Februari 2013 | 14:15 WIB

Yogyakarta, NU Online
Demi terjalinnya silaturahim antarkaligrafer dari kalangan mahasiswa serta menjaring mahasiswa yang ahli dalam desain kaligrafi, panitia festival seni Al-Qur’an menyelenggarakan Musabaqah Khatil Qur’an (MKQ) nasional, Senin (18/2). 
<>
MKQ yang diselenggarakan di gedung rektorat lama lantai dua UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini diikuti oleh 17 peserta putra serta 12 peserta putri. 

Mereka merupakan delegasi dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Di antaranya, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Syarif Hidayatullah, Universitas Gajah Mada serta berbagai perguan tinggi lainnya.  

Sebagai juri dalam lomba tersebut, hadir Robet Nasrullah, Saiful Adnan, serta Humaidi Ilyas yang mereka merupakan kaligrafer tingkat nasional.  

Menurut Mustofa, penanggungjawab MKQ ini pada NU Online, peserta diberi alokasi waktu sebanyak delapan jam, yaitu dari jam 09.00-16.00 waktu setempat. Lomba dimulai dengan pengundian maqro (teks yang akan ditulis, red.). Kemudian dilanjutkan dengan sesi pertama, yaitu pembentukan desain, serta sesi kedua, yaitu menulis maqro’ dan hiasannya.

Mutofa juga menuturkan bahwa lima besar dari putra dan putri akan dipamerkan ketika malam penutupan serta pengumuman para pemenang pada nanti malam, Selasa (19/2). 

Redaktur     : Hamzah Sahal
Kontributor : Nur Hasanatul Hafshaniyah 


Terkait