Daerah

MTs Al-Khoiriyah Terapkan Program PPDS

Ahad, 3 Maret 2013 | 04:30 WIB

Probolinggo, NU Online
Lembaga Pendidikan Al-Khoiriyah Al-Islamiyah Desa Kerpangan Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo saat ini tengah mengembangkan peningkatan kualitas siswa madrasah melalui program Pembinaan Pengembangan Diri Siswa (PPDS). 
<>

Program tersebut awalnya dicetuskan oleh salah satu guru Bahasa Inggris di MTs Al-Khoiriyah yang dipimpin oleh KH Syaifullah.

Gagasan ini selanjutnya disampaikan kepada Kepala Sentral di Lembaga Pendidikan Al-Khoiriyah Al-Islamiyah Moh. Farid Wajdi. Program PPDS ini sendiri diresmikan penggunaannya, Sabtu (2/3) dengan upacara pengukuhan siswa-siswi binaan.

”Alhamdulillah, usul ini mendapatkan tanggapan yang positif dan mulai diterapkan di Lembaga Pendidikan Al-Khoiriyah. Semoga dengan adanya program PPDS ini kualitas siswa madrasah bisa lebih meningkat,” ungkap Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Puteri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Probolinggo Maharani Sofia saat ditemui NU Online usai peresmian program PPDS di MTs Al-Khoiriyah.

Menurut Sofia, program PPDS ini merupakan salah satu program unggulan selain program-program lain yang sudah ada sebelumnya. Dalam program ini guru dituntut untuk benar-benar membina dan membimbing siswa binaannya.

”Untuk sementara ini ada 4 (empat) mata pelajaran yang dimasukkan dalam program PPDS yaitu Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Arab dan Kitab. Namun ke depan akan diupayakan semua mata pelajaran bisa dimasukkan dalam program ini. Tetapi tentunya terlebih dahulu akan melihat guru mata pelajaran yang menanganinya,” jelasnya.

Dikatakan Sofia, anggota PPDS dituntut untuk mahir dalam menangani bidang mata pelajarannya masing-masing baik itu Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Arab dan Kitab. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas siswa sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

”Sedikitnya ada sekitar 15 pembimbing/pembina yang diturunkan untuk membina siswa-siswi di lembaga ini. Setiap pembimbing nantinya akan mempertanggungjawabkan kemampuan siswa binaannya pada uji publik yang dilaksanakan pada kegiatan perpisahan siswa sekaligus silaturrahim keluarga besar Al-Khoiriyah bersama alumni,” terangnya.

Sementara Kepala Sentral Lembaga Pendidikan Al-Khoiriyah Al-Islamiyah Moh. Farid Wajdi menyambut baik diterapkannya program PPDS ini dengan harapan nantinya mampu meningkatkan kualitas siswa madrasah di lembaganya.

”Mudah-mudahan melalui program PPDS ini, kualitas siswa madrasah disini bisa lebih meningkat lagi. Dengan demikian, tentunya juga akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan dan lulusan siswa madrasah,” harapnya.


Redaktur       : Hamzah Sahal
Kontributor   : Syamsul Akbar  


Terkait