Daerah

PCNU Grobogan Gelar Khitan Massal

Ahad, 17 Februari 2013 | 15:38 WIB

Grobogan, NU Online
Dalam rangka memperingati Harlah NU ke-87, Pengurus Cabang NU Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, menggelar  khitanan massal. Acara dipusatkan di RS Permata Bunda Purwodadi, pada Ahad (17/2). 
<>
Kegiatan tersebut diikuti 31 peserta. Mereka merupakan siswa perwakilan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Grobogan.

Puluhan anak yang akan dikhitan, sebelumnya dikumpulkan di Gedung PCNU Grobogan. Kemudian mereka diarak naik kereta kelinci dan diiringi atraksi drum band dan barongsai.

”Acara khitan massal ini bertujuan untuk mensyiarkan nilai-nilai budaya Islam dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," ujar ketua panitia Harlah NU ke-87 Kabupaten Grobogan, Ady Setyawan.

Menurut Ady, di usianya yang ke-87 tahun, jajaran pengurus NU di Kabupaten Grobogan berkeinginan untuk terus berbuat sesuatu terhadap masyarakat bayak. Baik melalui bhakti sosial maupun kegiatan lainnya.

Dikatakan, prinsip NU adalah al-muhafazdotu ‘ala qodimish sholih wal akhdzu bil jadidil ashlah, A memelihara hal-hal lama yang baik sambil terus mencari hal-hal baru yang lebih baik lagi. Degan prinsip ini, NU sangat akomodatif terhadap adat budaya dan tradisi yang berkmebang di tengah-tengah masyarakat.

”Karena itu, dalam acara khitanan masal ini panitia menampilkan seni barongsai,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Pelayanan RS Permata Bunda, Iman Santosa mengatakan, acara khitan massal ini merupakan kerjasama antara NU dengan rumah sakitnya.

"Untuk khitan massal ini, kami menerjunkan dua dokter dan 12 tenaga medis," ungkapnya.

Iman menambahkan, kerja sama antara NU dengan rumah sakitnya diharapkan bisa berkesinambungan di waktu mendatang. Bahkan, pihaknya berencana akan membangun kerja sama lebih jauh lagi, yakni berkaitan dengan kartu NU Sehat.

"Melalui kartu NU sehat tersebut, layaknya Jamkesmas maupun Jamkesda, sehingga nantinya Nahdliyin bisa mendapatkan jaminan kesehatan dari RS Permata Bunda," tandasnya.


Redaktur     : Hamzah Sahal
Kontributor : Sholihin Hasan


Terkait