Nasional

GP Ansor Desak PWNU agar Netral pada Pilgub Jatim

Jumat, 7 Desember 2012 | 10:40 WIB

Jakarta, NU Online
Pengurus Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor, meminta Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) maupun seluruh badan otonom NU di Jawa Timur agar netral dalam menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2013 mendatang.
<>
“NU secara institusi harus netral, GP Ansor berharap NU dan seluruh banomnya juga harus netral,” kata Nusron, dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip GP-Ansor.org (4/12).

Dengan demikian, Nusron berharap pengurus NU bisa membebaskan seluruh warganya untuk memilih siapapun calon yang dikehendaki.

Ansor berharap, NU secara kelembagaan juga fokus pada kegiatan untuk mengurus umat. Jangan sampai, harap dia, Pilgub nanti akan memecah belah umat.

Terkait munculnya dua nama dari internal NU yaitu Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Muslimat NU dan Saifullah Yusuf, Wakil Ketua Pengurus Besar NU dalam Pilgub mendatang, Nusron dengan tegas minta kedua calon tidak hanya pandai memanfaatkan nama besar NU, melainkan juga harus menunjukkan manfaatnya bagi NU.

Pada kesempatan berbeda, Miftachul Ahyar, Rais Syuriyah PWNU Jatim mengaku akan menggerakan kekuatan PWNU Jatim untuk menentukan dukungan bagi satu kandidat dari internal NU. Saat ini, kata Miftach, sudah ada dua kandidat di internal NU yang akan mereka dukung yaitu Khofifah Indar Parawansa serta Saifullah Yusuf.

“Kita secepatnya gelar pleno untuk menentukan dukungan,” kata Miftach. Pleno akan digelar dengan menghadirkan beberapa kiai berpengaruh serta seluruh Ketua Pengurus Cabang yang ada di Jatim.


Redaktur: Hamzah Sahal

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Terkait