Warta

Kyai NU Jogja dan Jateng akan Kunjungi Belanda

Senin, 20 Februari 2006 | 05:38 WIB

Jakarta, NU Online
Sejumlah kyai NU dari wilayah Jawa Tengah dan Jogja saat ini tengah melakukan persiapan untuk berkunjung ke Belanda dalam rangka dialog interfaith. Mereka akan berada di negeri kincir angin tersebut pada 5-28 Maret 2006.

Informasi tersebut disampaikan oleh KH Aziz Asyhuri dari Magelang kepada Ketua PBNU bidang luar negeri HM Rozy Munir ditengah-tengah acara training executive ESQ di Jakarta. Kunjungan tersebut terselenggara atas kerjasama dengan Institute Sobret Belanda.

<>

Beberapa kota yang akan dikunjungi adalah Amsterdam, Rotterdam, Utrech, dan Leiden. Rombongan juga akan berkunjung ke sejumlah masjid. Diantara peserta yang akan berangkat adalah KH Aziz Asyhuri, KH Mudzakkir dari Banyu Biru Semarang. Singgih dari Magelang, Ibu Yani dari Wonosobo, disamping beberapa tokoh dari Katolik dan Protestan.

Melalui International Conference of Islamic Scholars (ICIS) atau divisi luar negeri PBNU, saat ini kerjasama untuk kunjungan dan belajar di luar negeri terus digalakkan. Para kyai dan aktifis NU diberangkatkan ke sejumlah negera seperti Amerika dan Inggris untuk melakukan studi banding tentang masalah pendidikan dan budaya.

Saat ini sudah terdapat 52 orang yang diberangkatkan ke Inggris sedangkan yang ke beberapa wakil NU juga akan berangkat ke Amerika Serikat. PBNU saat ini juga tengah giat-giatnya mengembangkan jaringan Pengurus Cabang Istimewa (PCI NU) di berbagai belahan dunia. (mkf/rm)


Terkait