Warta

Lakpesdam Garap 3 Daerah Pendidikan Pemilih JPPR

Senin, 3 Oktober 2005 | 10:17 WIB

Jakarta, NU Online
Dalam program pemantauan pemilu yang diselenggarakan oleh JPPR bekerjasama dengan berbagai ormas, Lakpesdam sebagai salah satu komponennya menggarap tiga daerah untuk pendidikan pemilih disamping daerah pemantauan yang tersebar diseluruh Indonesia.

Daerah tersebut meliputi Jembrana, Malang, dan Klaten dengan memberikan buku panduan berupa tabloid yang memberikan penjelasan mulai dari profil kandidat, sampai dengan hal-hal teknis dalam proses Pilkada, juga terdapat penjelasan tentang apa itu politik uang.

<>

Untuk mendukung jalannya program ini, Lakpesdam merekrut tenaga-tenaga dari internal NU dan badan otonomnya “Ini sebagai bagian dari upaya capacity building bagi teman-teman di lingkungan NU,” tandas Miftah dari Lakpesdam yang menjadi election monitoring manager JPPR.

Beberapa propinsi yang menjadi daerah pantauan Lakpesdam meliputi Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Lampung, Jabar, Jogja, Jatim Bali, NTB, Kalbar, Kaltim, Kalsel, Sulsel, Sumut, Papua.

Selain Lakpesdam, perangkat NU yang menjalankan program JPPR adalah Fatayat NU dan Lembaga Kesejahtaraan Keluarga NU (LKKNU).Miftah menjelaskan bahwa program ini akan berlangsung selama 4 tahun.(mkf)


Terkait