Warta

LPNU Beri Pelatihan Manajemen bagi UKM

Rabu, 27 Februari 2008 | 08:28 WIB

Jakarta, NU Online
Guna meningkatkan peningkatan kinerja pelaku Usaha Kecil dan Mikro (UKM), Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) memberi pelatihan manajemen yang diselenggarakan pada 27-28 Februari.

Sebanyak 30 pelaku UKM ini merupakan mitra binaan PT Pegadaian yang berada di Jakarta. Mereka bergerak dalam berbagai sektor usaha seperti catering, sablon, bengkel, warteg dan lainnya.

<>

“Kita memberikan kiat-kiat kepada pelaku UKM bagaimana membuat laporan keuangan, strategi pemasaran, sampai dengan bagaimana mengakses dana ke perbankan,” kata M Fathan dari LPNU, Rabu (27/2).

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Metode yang digunakan oleh LPNU dalam pemberian pelatihan bersifat dialogis dan pembelajaran bagi orang dewasa. “Jadi, bagaimana mereka bisa faham tentang manajemen dengan metode simulasi dan permainan,” tandasnya.

Program pelatihan ini juga memberikan pemahaman bahwa dana yang mereka pinjamkan tersebut bukan sumbangan, tetapi harus dikembalikan yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh UKM lain yang membutuhkan.

Sebelumnya LPNU juga telah bekerjasama dengan PT Semen Gresik dan Bank BRI untuk memberikan pelatihan yang sama di sejumlah daerah. (mkf)


Terkait