Warta

Selama Ramadhan, IPNU Sosialisasi Anti Narkoba di 12 Sekolah

Senin, 31 Oktober 2005 | 02:46 WIB

Jakarta, NU Online
Dalam bulan Ramadhan 1426 H, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) telah melakukan sosialisasi program anti narkoba di 12 sekolah Se-Jabotabek bekerjasama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa. Acara ini merupakan bagian dari program Silaturrahmi Ramadhan (Siraman) yang rutin digelar setiap tahunnya.
 
Panitia Pelaksana Siraman Sahid Ramdhan menjelaskan bahwa sosialisasi anti narkoba ini dilatarbelakangi semakin maraknya penyalahgunaan narkoba dikalangan pelajar. “Mereka perlu diberi pemahaman dan penjelasan tentang bahayanya narkoba bagi kehidupan mereka,” tandasnya.

Acara dimasing-masing sekolah dikemas dalam format buka puasa bersama atau waktu luang yang disediakan fihak sekolah yang tidak mengganggu aktifitas belajar rutin mereka. Masing-masing kegiatan diikuti 100 orang per sekolah.

<>

Materi yang diberikan berupa pengenalan jenis-jenis narkoba, efek negatif penggunaan narkoba, bagaimana menghindari narkoba dan lainnya. “Mereka sangat antusias dan meminta diadakan lagi sosialisasi semacam ini untuk masing-masing kelas diwaktu yang akan datang,” imbuhnya.

Walaupun mereka mengenal narkoba, tetapi pengetahuan yang mereka miliki sangat terbatas. Kebanyakan mereka hanya tahu bahwa narkoba berbahaya, tetapi kurang memahami bagaimana narkoba bisa merusak tubuh manusia atau apa saja jenis narkoba secara lengkap.

Beberapa tempat yang menjadi ajang sosialisasi adalah Ponpes Assidiqiyah Jakbar, Ponpes Attahiriyah Jaksel, YPI Al Ma’ruf Cibubur, SMAN 53 Condet, SMAN 112 Jakbar, MAN 12 Jakbar dan beberapa sekolah lainnya.(mkf)


Terkait